Risk Profile dulu sebelum bicara return

fear_greed_Sudah jamak kita ketahui bila berbicara mengenai uang kita memiliki kecenderungan menginginkan keuntungan setinggi tingginya, kalau tidak serakah maka perusahaan ponzi games seperti yang memberikan bunga tetap 2% sebulan dengan jaminan emas kemarin tidak akan pernah hidup di Indonesia =P

Penulis sendiri juga tidak luput dari keserakahan. Terhitung dari awal tahun keuntungan penulis di IHSG pada pertengahan tahun total sudah mencapai 40%, sudah lebih dari cukup sebenarnya. Namun lagi – lagi rasa serakah mengambil alih, daripada meningkatkan cash, penulis memilih menginvestasikan kembali dana tersebut ke saham -saham yang lebih berisiko, dan akhirnya sekarang malah berada dalam posisi rugi ( malas liat balace kalau sedang begini )

1oct

Berdasarkan pengalaman yang penulis jalankan dari dunia investasi, dan dari pengetahuan yang didapatkan dari membaca, penulis berhipotesis salah satu alasan mengapa kita cenderung menjadi greed / rakus adalah karena tingkat kemakmuran yang masih berada dibawah tingkat ekspektasi ( one of the reason yaa)

seperti pada gambar grafik disamping, sampai pada tingkat kemakmuran tertentu peningkatan kepuasan kita akan menjadi lebih flat. Pada saat ini lah tingkat greed / rakus itu dapat menurun.

Disinilah kondisi yang merefleksikan kita sebagai manusia pada umumnya. Kita desperate untuk terus meningkatkan tingkat kemakmuran hingga kita merasa cukup. Berbeda dengan film spartacus yang menunjukkan betapa pahitnya hidup sebagai budak, saat ini kita berada dalam jaman modern, ga perlu pakai cambuk untuk diminta disiplin masuk kantor setiap pagi, potong saja cutinya =P. Namun secara mentalitas kita sama, kita haus akan kebebasan, kita lelah hidup dalam ketakutan, naik turunnya emosi ini yang kerap membuat kita kehilangan akal sehat, hingga melakukan investasi – investasi bodoh dan akhirnya merugikan.

Untuk mencapai tingkat kemakmuran itu kita membutuhkan invetasi yang dapat semakin mendekatkan kita pada mimpi tersebut, tapi setiap dari kita memiliki toleransi risiko yang berbeda beda. Penulis dikategorikan sebagai seorang risk taker, bersedia mengambil risiko lebih untuk mencapai impian, tentu kalian belum tentu sama

Untuk mengukurnya kita harus mempertimbangkan dari sisi risiko, bukan keuntungan. Apakah kalian siap investasi merugi 40% hanya dalam beberapa bulan ? investasi disaham bisa seperti ini. Apa kalian siap investasi kalian bahkan rugi hingga 100% hanya dalam hitungan bulan, atau minggu ? trading di derivative bisa banget terjadi seperti ini

Makanya tetap langkah paling bijak adalah mengukur dulu tolerasi risiko kalian seakurat akuratnya sebelum berinvestasi. Hal ini pada umumnya telah dilakukan oleh banyak lembaga finansial ketika membuka  rekening akun. Namun berdasarkan pengamatan penulis sayangnya tidak ada kesinambungan antara risk profile dan investasi yang dilakukan, pada praktiknya semua hanya berbicara return.

Dapat dipahami kalau toleransi kalian rendah namun ingin return setinggi tingginya. Namun perlu diingat risiko yang dihadapi dan kecocokan dengan karakter kalian. Perlu dipahami idiom high risk high return itu memang absolut kebenarannya. Jadi setiap menginginkan keuntungan yang lebih, bersiaplah untuk mengambil risiko yang lebih juga. Penulis pernah mengalami ketika dulu masih menjadi sales menghadapi nasabah – nasabah yang greedy ingin keuntungan setinggi tingginya, namun ketika dalam posisi rugi sedikit langsung panik. Hal ini terjadi karena nasabah tidak memahami risk profile mereka sendiri, ditambah buta investasi dan sifat yang kurang fair ( curcol dikit =P )

Setelah memahami risk profile kita dengan baik, langkah selanjutnya adalah memahami dasar – dasar investasi, setiap investasi memiliki karakter yang berbeda – beda. Tidak perlu memahami semuanya, namun kita butuh memahami dasarnya supaya tahu risikonya.

Yuuk kita sama – sama terus berusaha mengejar impian itu  😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: