Analisa saham konstruksi

analisa saham konstruksi

Belum genap satu bulan di 2018 saham – saham kontruksi bumn kembali melesat naik hingga 20%. Setelah sekian lama berada dalam kondisi terkoreksi ditinggalkan, saat ini saham kontruksi menunjukkan tanda – tanda akan kembali bangkit. Betulkah demikian ?? untuk mengetahuinya, mari kita analisa saham kontruksi, bagaimana risiko dan peluangnya. Sudah telatkah bila masuk sekarang, secara sudah naik 20% di januari ini ??

Momentum Saham Konstruksi

Sudah sejak era Presiden SBY dengan program MP3EI yang memfokuskan pada ekselerasi pembangunan infrastruktur, saham kontruksi menjadi salah satu perhatian utama investor.

Diselenggarakannya pemilu dan pilpres di 2014 membuat saham kontruksi berada pada kejayaannya. Besarnya harapan baru akan program – program infrastruktur membuat saham – saham ini meroket . Namun setelahnya, perlahan – lahan saham kontruksi terus turun.

Analisa Saham Konstruksi terkoreksi

Bila diperhatikan pada terus meningkat pesatnya anggaran belanja infratruktur, terutama setelah Presiden Jokowi menjabat di 2014 maka pemikiran “ belilah saham infra related seperti kontruksi, infrastruktur lagi digenjot banget sama pemerintah” tidaklah salah.

Alokasi anggaran untuk infrastruktur terbukti terus meningkat setiap tahunnya. Namun sayangnya kondisi bertolak belakang terjadi pada saham kontruksi. Dalam 2 – 3 tahun terakhir saham konstruksi justru perlahan – lahan terus turun. Apa yang salah ??

analisa saham konstruksi, Analisa saham konstruksi

anggaran infrastruktur pemerintah – sumber : liputan6.com

Over Expectation atau harapan yang terlalu berlebihan merupakan salah satu faktor yang membuat saham ini terkoreksi dalam beberapa tahun terakhir.

Membeli saham yang berhubungan dengan infrastruktur seperti saham konstruksi menjadi pemikiran semua orang, permintaan yang tinggi pada saham di sektor ini mengakibatkan harga saham meroket hingga diperdagangkan pada rasio valuasi yang mahal.

Dan ketika realitas yang muncul tidak sebaik yang diharapkan membuat saham ini perlahan lahan terkoreksi. Inilah yang membedakan investasi riil dan investasi disaham.

Perusahaan yang sedang bertumbuh bukan berarti harga sahamnya akan bertumbuh sejalan. Bisa jalan duluan, bisa belakangan, atau bahkan bisa saja malah tidak jalan.

Oleh karena itu analisa saham tetap diperlukan walaupun kita tahu perusahaan atau industri itu sedang bagus.

Sebagai contoh dapat dilihat pada chart dibawah saham WIKA, kepemilikan investor asing terus berkurang sejak 2014, sejalan dengan turunnya harga saham. Ini menunjukkan besarnya pengaruh dana investor asing pada pergerakan saham tersebut.

analisa saham konstruksi, Analisa saham konstruksi

harga saham turun sejalan dengan turunnya kepemilikan investor asing ( foreign )

Apa yang menyebabkan saham ini turun ?

Bisnis model dari perusahaan kontruksi adalah mengikuti tender, memenangkan projek, membiayai terlebih dahulu projek tersebut dengan modal sendiri, dan baru kemudian mendapatkan pembayaran secara bertahap dari klien sesuai dengan tahap penyelesaian ( completion ).

Misal projek membuat gedung 10 lantai, perusahaan kontruksi tersebut menerima pembayaran 10% untuk setiap 1 lantai yang dibangun.

Dengan analisa saham ini kita ketahui bisnis model perusahaan konstruksi membutuhkan modal yang kuat untuk menjalankan banyak projek.

Masalah yang terjadi pada perusahaan kontruksi BUMN saat ini adalah karena pertumbuhan yang sangat cepat, banyaknya projek yang dimenangi, membuat banyaknya modal yang harus dikeluarkan terlebih dahulu, dan membuat cash flow perusahaan – perusahaan kontruksi ini kebakaran.

Kalau kita bandingkan dengan perusahaan kontruksi swasta, perusahaan konstruksi BUMN pasti memiliki rasio keuangan yang lebih jelek, itu terjadi karena semua kue yang ada dilahap oleh perusahaan – perusahaan kontruksi BUMN ini.

Itu merupakan salah satu alasan yang menjadi kekhawatiran investor asing sehingga membuat mereka memutuskan menjual saham – saham ini.

Salah satu hal yang lucu terjadi di 2016, ketika itu saham Waskita Karya ( WSKT ) mencetak rekor level tertinggi, namun pada obligasi yang terjadi malah sebaliknya, kredit rating mereka malah diturunkan karena rasio keuangan mereka yang tidak sehat.

ketahui apa itu obligasi pada post ini

Berdasakan analisa saham konstruksi kita ketahui keluarnya investor asing yang menyebabkan saham – saham ini terkoreksi dalam jangka waktu yang lama. Dan alasan mereka keluar karena rasio keuangan yang mengkhawatirkan.

Seperti istilah pemain saham jangan coba – coba menangkap pisau yang sedang jatuh. Penulis percaya saat ini pisau tersebut telah menyentuh dasar, dan saatnya diambil 😋

It’s Only Can Get Better – 4 Alasan kenapa saham konstruksi akan kembali rally

Setelah terkoreksi dalam beberapa tahun terakhir, penulis memandang sekarang saatnya saham kontruksi BUMN ini kembali naik.

Kenaikan 20% yang terjadi dalam 1 bulan terakhir memang terlihat sangat banyak, namun ini barulah permulaan dari kembali rally nya saham – saham ini, termasuk WIKA saham pilihan penulis.

Ada 4 alasan yang membuat penulis yakin saham ini akan kembali rally :

1. Valuasi Menarik

Terus terkoreksinya saham WIKA membuat saham ini diperdagangkan pada level 13x P/E. Berdasarkan analisa saham wika 5 tahun terakhir, penulis dapat mengatakan level saat ini cukup murah mengingat dalam 5 tahun terakhir wika rata – rata diperdagangkan pada p/e 17x

ketahui apa itu p/e di artikel ini

2. Underowned

Ketika saham kontruksi BUMN termasuk wika sedang dipuncak – puncaknya, kepemilikan asing pada saham ini mencapai 18%. Sementara hingga per november 2017 kepemilikan asing tinggal 10%.

Outflow dari investor asing sudah melambat, hanya berkurang 1% dalam satu tahun terakhir dari 11% kepemilikan pada 2016

Kondisi ini penulis dapat katakan under owned, atau hanya sedikit dimiliki oleh investor besar yang umumnya didominasi investor asing.

Dengan sudah rendahnya kepemilikan investor asing ini membuat risiko saham ini diturunkan oleh mereka menjadi rendah, wong mereka uda ga punya barang !! yang lebih mungkin justru mereka akan kembali menambah kepemilikan saham ini, karena rata – rata sudah tidak punya posisi.

3. How Fast They Can Grow

Berbeda dengan perusahaan telekomunikasi yang memiliki asset sangat mahal, secara nature perusahaan kontruksi adalah perusahaan yang light asset, gampangnya bisa dibilang kerja modal dengkul doank, kayak pedagang kerjanya gulung modal ampe segede – gedenya.

Untuk perusahaan dengan model seperti ini penulis tidak mengharapkan akan dividen yang besar, tapi lebih memperhatikan pada : Sampai berapa besar mereka bertumbuh dan seberapa cepat ?

dengan melihat nilai perusahaan wika saat ini 18 triliun, maka ruang untuk bertumbuh masih sangat besar, di China perusahaan kontruksi yang hanya terkhususkan di Shanghai dan sekitarnya saja memiliki nilai pasar 73 triliun.

Sementara dengan rasio permodalan yang lebih baik saat ini, wika memiliki keunggulan dibandingkan wskt yang sudah mentok rasio hutangnya.

Untuk memenangkan projek baru tentu tidak mudah kalau tidak ada permodalan baru, dan ini menjadi salah satu alasan hasil analisa saham konstruksi secara independen membuat penulis lebih memilih saham wika ( namun secara umum semua saham kontruksi bergerak berbarengan ).

Dengan kemampuan mengambil lebih banyak projek kedepannya berarti menjanjikan pertumbuhan yang lebih cepat.

4. Pay Day

Dengan diselenggarakannya Asian Games pertengahan tahun ini dan Pemilu tahun depan memberikan kepastian pada satu hal, projek selesai dibangun !!

Sudah wajib hukumnya projek infrastruktur penunjang Asian Games selesai dibangun sebelum perhelatan olahraga terbesar Asia ini dimulai.

Termasuk juga Pemilu tahun depan, sebagai bentuk pertanggung jawaban Pemerintahan Jokowi, maka beliau tentu ingin menunjukkan pencapaian riil yang didapat selama 5 tahun memerintah.

Dengan banyak selesainya projek – projek infrastruktur besar tentu menjanjikan pembayaran sepenuhnya pada perusahaan – perusahaan kontruksi BUMN ini. Pembayaran tersebut akan kembali menyehatkan cash flow mereka.

Sisi positif lainnya, dengan akan banyak dibahasnya proyek infrastruktur yang selesai dibangun tahun depan dan harapan akan pembangunan diperiode pemerintahan selanjutnya akan membuat perusahaan – perusahaan ini ikut mendapat eksposure.

Katalis Saham Konstruksi WIKA

Salah satu katalis utama yang perlu diperhatikan adalah proyek kereta cepat jakarta bandung bernilai 70 triliun. Berita terakhir mengatakan China Development Bank sudah sepakat akan mencairkan pinjaman untuk pembangunan proyek ini.

Super besarnya skala proyek ini membuat berjalannya proyek ini dapat memberikan katalis kuat pada pergerakan harga saham. Sebagai pembanding, di 2016 saja revenue wika hanya 15 triliun !

Begitu juga sebaliknya, apabila mangkrak seperti kasus ADHI dulu juga dapat memberikan sentimen negatif.

Namun bila melihat ke belakang hingga akhir 2017 kemarin dengan pengerjaan proyek kereta cepat terus tertunda wika mampu mendapatkan perolehan kontrak baru yang jauh lebih baik dari 2016 naik 30%, they doin fine 😉

Uniknya, Wika Beton ( WSBP ) anak usaha wika yang sudah IPO hanya menyumbangkan 10% dari perolehan kontrak baru di 2017, kontribusi yang sangat kecil pada wika.

Sementara lini bisnis yang memberikan kontribusi paling besar adalah proyek infrastruktur sebesar 38%. Ini menunjukkan besarnya ketergantungan wika pada tender – tender pemerintah, dan perlu diperhatikan untuk melihat katalis pergerakan saham ini.

Banyaknya proyek pemerintah yang diambil oleh wika menunjukkan eratnya kesuksesan pemerintah dengan kesuksesan wika itu sendiri.

analisa saham konstruksi, Analisa saham konstruksi

Analisa Saham Konstruksi – Close Eye Buy Now !!

Dengan melakukan analisa saham konstruksi lebih mendalam, penulis meyakini kenaikan saat ini yang “baru” 20% hanyalah permulaan, dan masih banyak potensi upside dalam 1 – 2 tahun kedepan

Dilihat secara historikal wika diperdagangkan pada p/e rata – rata 17x. Dan ketika hype sedang tinggi – tingginya di 2014, p/e wika pernah mencapai 25x

analisa saham konstruksi, Analisa saham konstruksi

Belajar pada case di China ketika berada pada periode boom konstruksi, saham diperdagangkan pada level 25x – 30x p/e, bahkan pernah menyentuh 45x p/e !!

Kembali seperti alasan penulis diatas, kencangnya potensi pertumbuhan merupakan justifikasi saham dihargai mahal, can they grow bigger ? yes indeed !!

Dengan saat ini saham p/e hanya diperdagangkan 13x p/e 2017 penulis meyakini upside dari saham ini masih sangat besar. Penulis mengekspektasikan dalam 1 – 2 tahun kedepan saham ini akan diperdagangkan 20 – 22x p/e, itu berarti saham ini berpotensi memecahkan rekor tertingginya di 3800.

Dengan harga saham saat ini di 2120 maka dalam 2 tahun kedepan penulis meyakini wika memiliki upside 86%. 

Paling lama penulis hold 2 tahun lah, kalau ternyata dalam 2 kuartal sudah tercapai ya syukur alhamdulilah namanya 😝😝

6 Comments on “Analisa saham konstruksi

  1. Pingback: Mengenal lebih dalam saham kbli - bicara investasi tanpa basa basi

  2. Pingback: Analisa Saham MTDL - Bicara Investasi Tanpa Basa Basi

  3. Pingback: Saham ADMF - Slave Berdasi

  4. Pingback: IHSG Diperkirakan Menguat Uji Level Resistance | Web Info

  5. Pingback: 46 Tanaman Obat Untuk Keluarga | BERBAGI INFORMASI

  6. Pingback: Spesifikasi dan Harga Honda WR-V Terbaru | Tekno Utama

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: