Analisa Saham KBLI

Sudah tertanam di kepala investor saham Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, beli laah saham yang terkait dengan infrastruktur, karena menjanjikan pertumbuhan yang besar kedepannya. Kali ini penulis akan membahas analisa saham kbli.

Saham ini selalu menjadi watchlist penulis dalam beberapa tahun terakhir karena valuasinya yang menarik, dan eratnya kaitan bisnis ini dengan infrastruktur.

Penulis mencoba meng analisa saham kbli setelah seminggu lalu saham konstruksi, karena saat – saat ini merupakan momentum terbaik untuk menentukan pilihan kita, sebelum menghadapi output yang menentukan, rilis laporan keuangan kuartal IΒ yang memberikan gambaran besar kinerja di 2018, dan musim dividen ditengah tahun.

Sebagai informasi, kbli merupakan perusahaan produsen kabel di indonesia, dengan klien terbesarnya adalah pemerintah. Profile lengkap dapat dibaca dari website perusahaan yang sudah ga update πŸ˜„

Baca analisa saham konstruksi

Saham KBLI yang selalu menjadi gorengan renyaah..

Pada awal 2013, penulis menemui manajemen KBLI untuk mengetahui lebih dalam tentang bisnis model, dan outlook perusahaan. Saat itu valuasi saham KBLI sudah sangat menarik, dan memiliki bisnis yang berkaitan erat dengan infrastruktur sehingga mengundang ketertetarikan penulis untuk memahami lebih dalam.. well yang penulis ingat waktu ituu….

emmm…

emmmm…..

emmmmm…..

Lupaaaa !!! hahaahaha 🀣🀣🀣

Udaah 5 tahuuun guuys πŸ˜‚πŸ˜‚

Satu hal yang penulis ingat sekali.. revenue kbli anjlok di 2014, begitu juga perusahaan kabel lainnya. Alasan saat itu karena pergantian pemerintahan membuat tender – tender proyek kabel turun drastis dan memberi dampak sangat besar pada perusahaan seperti kbli

Itu berarti risiko tetap ada di 2019, walaupun hingga saat ini kandidat terkuat adalah presiden incumbent dan membuat risiko ketidakpastian lebih kecil dibandingkan 2014.

chart saham kbli

di 2013 saham kbli juga sempat rerating..

P/E Murah dan masih muraah..

Alasan awal kenapa penulis tertarik pada saham ini adalah karena valuasi sahamnya yang murah. Diperdagangkan pada P/E single digit.

Namun setelah mengalami kenaikan luar biasa di 2017 hingga sempat menyentuh 865, saham kbli turun hingga stabil di 400an. Alasannya saham ini dihukum investor karena melesetnya earning emiten dari ekspektasi ( dihukum eaaaa 😝 ). Saat ini saham kbli masih tetap  diperdagangkan dilevel single digit p/e

Lebih detailnya seperti gambar dibawah.. p/e rata – rata 6,3x.. saat ini diperdagangkan pada p/e 5,9x 2017. Menarik donk !! lihat p/e single digit saja sudah menarik, apalagi yang Cuma level 5 – 6x.

Kalau mereka bagi dividen 30% dari laba saja, yieldnya bisa 6%, menarik sekali. Dan dengan p/e serendah ini buffernya jadi sangat kuat, paling demen penulis saham yang beginian =P

pe historikal saham kbli

Bila kita mengacu pada pertumbuhan revenue, maka dalam 5 tahun terakhir sales kbli naik hanya sekitar 6% setiap tahunnya, kecil untuk perusahaan size seperti ini.

Maka ekspektasi lain yang dapat kita harapkan adalah re-rating saham yang selama ini diperdagangkan pada sekitar 6x p/e menjadi 9 atau 10x p/e ( itu uda lebih dari 50% looh naiknya !! )

Untuk mengharapkan rerating tentu dibutuhkan katalis, atau promosi – promosi yang gencar dari broker =P

Nah ketika penulis iseng melihat – lihat data keuangan KBLI, terdapat satu hal yang menganggu penulis.

Di 2017 secara tiba – tiba KBLI mendapatkan pemasukan yang besar dari other income, padahal pos ini sebelum – sebelumnya selalu mendrag down kinerja KBLI

Penulis merasa perlu untuk mengetahui pos ini isinya apa sebenarnya. Karena dengan mengetahuinya penulis dapat mengira – ngira dapat stabil kah pemasukan ini kedepannya

lapkeu saham kbli

Analisa Saham KBLI

Dari segi penjualan terlihat pada gambar dibawah besarnya ketergantungan KBLI pada PLN, 81% dari revenue di 2017 !!! kalau ingin mencegah peristiwa 2014 kembali terulang, maka jangan beli saham ini di 2019 =P

kontribusi pln pada kbli

Setelah penulis membuka bahan public expose perseroan maka terlihat jelas meningkat pesatnya laba perseroan bukan dari other income, melainkan dari gross income perseroan.

Dapat dilihat pada gambar dibawah, bila pada umumnya biaya beban bahan baku 92% dari beban kotor perseroan, maka sejak 2016 biaya tersebut turun menjadi 88%

bahan baku saham kbli

Apakah ini disebabkan turunnya harga bahan baku perseroan ?

ataukah karena diuntungkan oleh penguatan mata uang mengingat bahan baku seperti ini pada umumnya import ?

Dugaan penguatan mata uang rasanya tidak, dalam 2 – 3 tahun terakhir rupiah stabil di 13 ribuan, maka asumsi forex gain jelas kita coret.

Untuk mengetahui apa yang membuat gross income saham kbli meningkat pesat, penulis membuka laporan keuangan KBLI di 2016. Penulis ingin tahu, manajemen ngemeng apa soal peningkatan margin kotor perseroan

tinjauan operational saham kbli 2016

dari lapkeu tahunan 2016

Dari tinjauan operational penulis menjadi mengetahui bahwa harga bahan baku tembaga sebenarnya tetap relatif stabil, yang membuat margin kotor meningkat adalah harga jual kabelnya !! selain itu menurut manajemen revaluasi aset juga memberikan keuntungan pajak pada perseroan.

Hasil Analisa Saham KBLI

Setelah penulis melakukan analisa saham KBLI, ternyata penyebab naiknya margin laba perseroan bukan dari other income ataupun turunnya biaya bahan baku. Berdasarkan historikal biaya bahan baku justru meningkat dalam 2 tahun terakhir.

Peningkatan Keuntungan saham kbli didapatkan dari peningkatan harga jual dan reveluasi asset perseroan

Jadi beli kagak neeeh ??

Capek – capek baca, pasti ditanya ujung2nya kesini kan hehehe..

asumsi saham kbli

Disini penulis membuat asumsi penjualan meningkat 6% di 2018 ini, yang rata – rata aja deh. Sementara untuk margin laba penulis membuat dua asumsi, menggunakan 12% seperti pada 2017 atau asumsi lebih rendah profit margin hanya 9%.

Kenapa penulis membuat worst case skenario, karena berdasarkan asumsi management 5 tahun lalu, sebagus – bagusnya asumsi mereka, profit margin tetap single digit !!

Sebagai street investor saat ini penulis percaya saham – saham yang berkaitan dengan infrastruktur akan kembali bergerak tahun ini. Maka akan ada momentum untuk saham kbli ini di 2018. Dan ketika momentum itu terjadi saham ini dapat mengalami re-rating.

Dengan range historikal harga saham kbli ini premium berada di 7,8x maka range harga saham ini dapat berada di 607 – 810 ditahun 2018.

Bisa atau kagak ? hanya management dan juru masaknya yang tahu ^^

*Apabila ada pertanyaan atau mau update terbaru dari slaveberdasi contact langsung saja di twitter @slaveberdasi , facebook slaveberdasi ,dan email di slaveberdasi@gmail.com

4 Comments on “Analisa Saham KBLI

  1. Pingback: Analisa Saham MTDL - Bicara Investasi Tanpa Basa Basi

  2. Pingback: Saham ADMF - Slave Berdasi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: