Analisa Saham MTDL

analisa saham mtdl

Setiap kali penulis pergi ke Grand Indonesia, penulis selalu teringat teman kuliah S-1 dulu. Teman penulis ini kerjanya tiap hari nongkrong di SOHO. Well, dia beneran kerja, kerjanya jadi broker yang ikut tender projek – projek IT ke Corporate sama BUMN gitu.

Salah satu mitra besarnya yang sering disebut sebut adalah boss nya Metro Data “gampanglah bro kalo cari barang, g biasa nongkrong sama si santo“ kira2 gitu lah gaya ngomong tingginya. Santo itu bossnya MTDL ( moga2 dia ga baca blog penulis 😅😅 )

Tinggi memang, tapi berhubung temen penulis uda punya properti 5 biji, mobilnya mercy 2 pintu ( anjeeer !! anjeeeeer !!! ) jadi penulis telen ludah aja, terima deh dia ngebuai apa gitu ( yang kayaa yang beneer 😅😅 )

Well, disini penulis bukan mau ngomongin temen penulis yang uda tajir melintiiir ( keinget dulu masi susa bareng 😭😭 ) tapi berbicara Metro Data atau MTDL. Perusahaan yang bergerak pada bisnis teknologi IT yang berkantor digedung podomoro samping Central Park. Penulis mencoba analisa saham MTDL lagi setelah sudah sekian lama tidak perhatiin.

Konon ini saham favoritnya mantan boss penulis. Boss penulis hobinya cari saham saham valuasi murah, satu genre dengan penulis, bedanya dia orang yang sangat optimis, dalam membuat asumsi proyeksi earning, dia selalu menggunakan best scenario, sementara penulis sebaliknya, selalu skeptis dengan worst case skenario

Lalu hasil Scenarionya gimana ?

Hasilnya earning umumnya meleset dari ekspektasi best scenario boss penulis memang, tapi harga sahamnya menyentuh skenario. Yaah in the end of the day, yaang penting cuaaannya kan.

Di saham MTDL ini boss penulis untung besar, modal beli di 200 – 300an, jualnya di 600 – 700an, mantablah.

Waktu itu story nya kesuksesan melakukan Joint Venture dengan Synnex, perusahaan distribusi IT terbesar di Asia, berhasil memboost earning perseroan. Saham MTDL pun meroket dari harga Cuma 100an sampai menyentuh 800 hanya kurang dari 3 tahun.

Efek pendongkraknya bukan hanya kenaikan earning perusahaan yang naik 189% selama 2012 hingga 2015. Namun efek re-ratingnya. Karena kesuksesannya, menarik perhatian banyak investor, menjadi hype, dan membuat banyak investor baru masuk kesaham ini.

Alhasil saham ini mengalami re-rating dari normalnya diperdagangkan 3x P/E, menjadi naik ke 8x P/E. ( re-rating itu artinya saham dihargai pada valuasi yang lebih mahal, kayak barcelona beli Ousmane Dembele lah kira2 analoginya 😋 )

saham mtdl, Analisa Saham MTDL, SlaveBerdasi-Analisa Saham

Setelah mengalami kenaikan yang luar biasa ini saham MTDL stabil konsolidasi diharga 600 – 700 dalam 3 tahun terakhir. Bagaimana prospeknya sekarang ? mari kita analisa saham MTDL lebih dalam, kenapa mandek ? bisa ngaciir lagi ga ??

PT MetroData

Kita bahas dulu dengan bisnisnya Metrodata. Berdasarkan laporan keuangan Metro data membagi bisnis menjadi 3, yaitu Distribusi ( synnex ), solution, dan ketiga konsultasi. Untuk lebih lengkap dapat dilihat pada website perseroan

Belakangan MTDL juga mempunyai cita – cita mulia ingin merambah bisnis retail dengan membuat metrodata online . Setelah melihat – lihat sekilas websitenya, penulis ragu bisnis baru ini akan sukses. Bisnis B2B dan B2C itu adalah dua bisnis berbeda, totally different game.

Apalagi liat lawan – lawannya di online kayake Lazada, tokopedia, elevenia, bhineka.. Waaaah mendiing tutup ajaaa daah daripada bocuan terus gerogotin laba perusahaan nantinya.

saham mtdl, Analisa Saham MTDL, SlaveBerdasi-Analisa Saham

Analisa Saham MTDL

Lalu gimana valuasi MTDL saat ini ? mari kita bandingkan dengan perusahaan sejenis MTDL seperti ASGR, ATIC, ERAA

Berdasarkan P/E, MTDL diperdagangkan pada level yang relatif mirip dengan ASGR dan ERAA. Sementara dari rasio nilai buku / PBV, MTDL juga mirip – mirip dengan yang lainnya diperdagangkan pada 1x PBV.

Kita coret Anabatic, walaupun bisnis sangat relevan namun saham sangat tidak likuid sehingga tidak merepresentasikan valuasi yang dihargai investor.

saham mtdl, Analisa Saham MTDL, SlaveBerdasi-Analisa Saham

Dilihat secara relatif, MTDL saat ini diperdagangkan dilevel yang wajar, sama dengan pesaing – pesaingnya. Apalagi bisnis mereka ini memiliki margin profit yang kecil.

Penulis dari dulu didoktrin perusahaan yang marginnya kecil, P/E nya harus diperdagangkan pada level yang rendah, makanya saham kayak KAEF diperdagangkan pada level yang lebih rendah dari KLBF ( dulu ).

Selanjutnya tuu sahaam KAEF merokeet digoreng dengan story bpjsnya Jokowi eeeaaaaa 😭😭

baca juga analisa investasi 2018 , saham konstruksi , saham kbli

Bagaimana kinerjanya Saham MTDL

Terlihat earning perseroan meningkat signifikan menjadi 63 dari 47 hingga Q3 2017 ini, naik 34% YoY. Namun kenaikan ini lebih disebabkan efisiensi perusahaan dan berkurangnya kerugian forex. Pada topline nya, Sales naik tidak sampai 5% di Q3 2017

Bila kita telaah analisa saham MTDL sampai disini, maka terasa wajar – wajar saja kalau saham ini masih konsolidasi dilevel 600 – 700, wong perfoma nya gitu – gitu aja.

Namun terdapat satu statement menarik dari laporan tahunan 2016 yang bisa menjadi katalis MTDL dikedepannya

Menurut management dikutip dari laporan tahunan 2016, flatnya kinerja MTDL dalam beberapa tahun terakhir disebabkan turunnya bisnis komoditi seperti batubara dan perkebunan.

Walaupun saat ini harga mulai pulih, namun perseroan – perseroan tersebut menjadi sangat efisien dalam belanja modal.

saham mtdl, Analisa Saham MTDL, SlaveBerdasi-Analisa Saham

Di 2017 pun walaupun harga batubara sudah pulih, namun rata – rata perusahaan masih sangat konservatif dalam melakukan belanja modal.

Bila kita baca riset – riset sekuritas, maka sering dibahas utilisasi yang masih rendah membuat banyak perseroan enggan melakukan ekspansi.

Hingga Q3 2017 penjualan pada segment terbesar MTDL yaitu distribusi juga masih stagnan, hanya tumbuh 3%, sementara segment solution tumbuh 9%.

Dengan harga komoditi telah pulih, maka peningkatan belanja modal tinggal menunggu waktu, dan dapat menjadi oportuniti untuk MTDL memenangkan lebih banyak projek baru di 2018.

Prospek Saham MTDL

Ok biar ga pusink – pusink mari kita menuju pada menu utama analisa saham MTDL, prospeknya !! Menarik ga beli saham ini diharga sekarang 690 ?

Dari kinerja 2 – 3 tahun terakhir terlihat MTDL mengalami kesulitan memperbesar pie bisnis mereka.

  1. Pertama, memang karena industri lesu sehingga menurunkan belanja modal.
  2. Kedua, persaingan Fintech semakin ketat membuat perebutan kue semakin keras.

Terlihat upaya – upaya MTDL untuk mendongkrak pertumbuhan dengan metode inorganic, melakukan beberapa akuisisi. Namun tidak adanya aksi korporasi yang besar membuat penulis tidak yakin akan ada pertumbuhan luar biasa pada 2018 ini.

Di 2015 MTDL sempat tidak membagi dividen karena menggunakan dana tersebut untuk investasi membangun tempat logistik baru. Namun kantor logistik tersebut rencana baru selesai dibangun pada 2018 ini.

berapa besar dampaknya, penulis gelap hehehe, butuh ketemu management untuk mengetahui lebih jelaas..

Valuasi Saham MTDL

Untuk melihat valuasi mari kita lihat perfomance historikal MTDL dan kita gunakan asumsi pertumbuhan penjualan 14% seperti ekspektasi pertumbuhan IHSG di 2018 ini berdasarkan konsensus.

Dengan pertumbuhan sales Cuma 3% dan 1% dalam 2 tahun terakhir, maka menggunakan asumsi 14% untuk 2018 itu sudah optimis.

saham mtdl, Analisa Saham MTDL, SlaveBerdasi-Analisa Saham

Menggunakan asumsi gross margin dan operating margin sama efisiennya seperti 2017 ( agak ga percaya sih =P ) maka didapat eps saham MTDL untuk 2018 adalah 120 per lembar sahamnya

Berdasarkan rata – rata P/E diperdagangkan antara 6 – 7,5x P/E maka saham MTDL berpotensi diperdagangkan dari 732 – 900. Itu berarti pada level premiumnya MTDL bisa naik sampai 30%.

Sementara kalau dilihat berdasarkan dividen, diasumsikan diberikan 30%, batas maksimal laba yang boleh disetor perseroan sebagai dividen ( management policy ), maka yield yang didapat 5,2%

Spesialkah yield 5,2% pada harga saham mtdl 690 ? not really, apalagi itu asumsi laba 2018, maka untuk dividen 2019.  bukan sesuatu yang waah untuk saham kapitalisasi kecil seperti MTDL.

saham mtdl, Analisa Saham MTDL, SlaveBerdasi-Analisa Saham

Pandangan penulis saham MTDL

setelah melakukan evaluasi singkat, penulis belum tertarik untuk mengkoleksi saham MTDL saat ini. Secara valuasi memang diperdagangkan pada level historikal. Dibandingkan kompetitor juga secara valuasi normal – normal saja.

Memang dengan ekonomi semakin baik, ekspansi bisnis semakin besar, perusahaan seperti MTDL harusnya semakin diuntungkan. Namun penulis butuh sesuatu yang lebiih..

Penulis bisa saja mendadak berubah kalau ada story baru atau rumor digoreng hahaha.  Sangat mungkin karena valuasinya yang murah cuma 6-7x p/e.

Berdasarkan pengalaman penulis, kunci sukses meroketnya saham itu kalau ada story yang dibeli sama pendengar – pendengarnya dan terefleksi dilaporan keuangan. At least diawal awal laah.. Beeeeedeeeeh dijamiin terbaaang tuu sahaaam TERBAAAANG

Jadi Belii ??? penulis nanti ajaa deeh kalo ada denger bisikan 🤣🤣🤣

*Apabila ada pertanyaan atau mau update terbaru dari slaveberdasi contact langsung saja di twitter @slaveberdasi , facebook slaveberdasi ,dan email di slaveberdasi@gmail.com

5 Comments on “Analisa Saham MTDL

    • Hahaha makasi masbro sudah mampir..kapan ngopi kita, lom kesampean niih hehehe

  1. Pingback: Saham ADMF - Slave Berdasi

  2. Pingback: Analisa Saham CASS - Bicara Investasi Tanpa Basa basi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: