Kebebasan Finansial 20x

Bila kita baru memasuki dunia kerja memang kalo mendengar kata – kata “pensiun” atau “ kebebasan finansial” terasa aneh, wong lagi semangat – semangatnya membuktikan diri. Namun. Setelah Bekerja selama satu dasawarsa kita mulai berpikir mengalokasikan hasil jerih payah kita dimasa depan nanti. Kita berpikir membeli rumah ini rumah itu, berinvestasi emas, reksadana, atau bermain saham. Namun tidak pernah terpikir oleh kita, berapa idealnya investasi yang kita butuhkan untuk kebebasan finansial itu. Naah dari sini penulis mendapatkan ide yang menarik dari membaca beberapa sumber, bahwa kebebasan finansial 20x !!

Kenapa kebebasan finansial 20x ?? karena 20x adalah angka sakti !!

  • perbudakan dihapuskan pada abad ke 20
  • Indonesia merdeka diabad ke 20
  • Hari kebangkitan nasional itu tanggal 20
  • Dan terakhir, Kebebasan finansial juga dimulai dengan angka 20 !!

Arti 20x

Maksudnya gimana sih 20x ??

Begini 20x adalah adalah rule of thumb yang kita butuhkan ketika kita tidak lagi menerima pendapatan bulanan.

Kita sudah sepenuhnya bergantung pada hasil investasi kita untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari. Dari aset investasi kita seperti properti, emas , reksadana, deposito. Aset investasi tersebut adalah mesin kita untuk mendapatkan tiket kebebasan finansial.

Lalu kenapa kebebasan finansial 20x ? bukan 10x ?? atau 5x ???

Begini cara berpikirnya..

Ketika kita sudah memutuskan tidak bekerja lagi, kita menginginkan mengambil bunga dari aset investasi kita itu cukup untuk memenuhi kebutuhan kita sehari – hari..

Tentu ketika sudah tidak lagi bekerja, kita akan berinvestasi pada aset alokasi yang konservatif. Naah aset alokasi yang konservatif asumsi bunga ( return ) nya bisa berapa persen sih setahun ?

Berdasarkan riset di Amerika, dan simulasi yang telah penulis lakukan di Indonesia, maka ekspektasi bunga 5% setahun itu masuk akal.

*Baca juga investasi anti rugi

Dengan ekspektasi return 5% setahun maka kita hitung lagi..

Dari 100% asset investasi kita, dengan mengambil 5% bunga setahun maka kita hitung 100 / 5 = 20x

Ini dia angka sakti yang kita cari, 20x !!!

20x itu sendiri berarti memiliki aset investasi senilai 20x pengeluaran kita tahunan

kebebasan finansial 20x

20x Sama Dengan Berapa ??

Jadi apabila asumsikan pengeluaran kita sebulan adalah 20 juta, kita setahunkan menjadi 240 juta, dan 20x nya berarti 4,8 miliar rupiah..

Kalau pengeluaraan kita 20 juta artinya kita butuh aset investasi 5 miliar..

Gileee gedeee bangeeet !!!

Eiiit sekarang penulis tanya balik, rumah kalian sekarang nilainya berapa ? minim – minim juga 1,5 miliar kan. Itu pakai KPR 10 – 15 tahun. Dengan bunganya setidaknya total dana yang kalian keluarkan sampai lunas itu setidaknya 3 miliaar loooh.

Sementara Ini untuk dana pensiun, investasi jangka panjang selama 20 – 30 tahun, waktu yang tidak sedikit

Kalau kita mengekspektasikan return lebih tinggi, 8% misalnya, maka aset investasi yang kita perlukan tidaklah perlu sebesar 20x pengeluaran tahunan. Namun itu tadi, berdasarkan riset 5% itu logis

Memang jaman sekarang nyari investasi yang 5% setahun itu terlihat gampang, tinggal deposito aja uda dapat 5%, tapi kalau sudah 20 tahun lagi, apa iya masih segampang sekarang nyari 5% ?? coba saja lihat Jepang bunganya malah negatif, investasi disaham juga negatif dibandingkan masa puncaknya di tahun 90an , mamam tuuh cari 5% setahun gampang 🤪

*baca juga topik terkait didongeng bernama high risk and high return

Ini juga penulis sudah mengesampingkan efek inflasi yang membuat pengeluaran tahunan kita sebenarnya akan jauh lebih tinggi dimasa depan.

Namun yang perlu dicatat dinegara majupun kalau sudah memiliki aset investasi 1 juta dollar atau 14 miliar rupiah itu sudah dianggap mapan, siaap pensiun

Okelah kita sudah sepakat pengeluaran kita 20 juta sebulan atau 240 juta setahun, 5 miliar kira – kira aset investasi yang kita butuhkan untuk mencapai kebebasan finansial 20x. Kan kita di Indonesia, yaah 5 miliar untuk kalangan middle class setidaknya cukuplaaah..

Butuh berapa lama kita mencapai angka 5 miliar impian itu ??

Mari kita hitung menggunakan kalkulator exit plan

Kebebasan Finansial 20x

Apabila kita menggunakan asumsi di usia 28 kita sudah memiliki aset investasi sebesar 100 juta. Lalu kita memutuskan menyisihkan 20% pendapatan kita untuk investasi.

Selama periode investasi ini kita asumsi memperoleh keuntungan 15% rata – rata setiap tahunnya, dimana masuk akal bedasarkan historikal return investasi. Asumsi lainnya adalah,alokasi dana untuk investasi kita tingkatkan 8% setiap tahunnya. Kan kita dapat promosi, adjust tahunan, dan pindah kerja =P

Dari sini kita ketahui diusia 45 kita sudah memiliki aset investasi senilai lebih dari 5 miliar. Dalam waktu kerja 17 tahun.

mencapai 5 miliar

Normalnya lama kita bekerja itu dari usia 22 tahun hingga 55 tahun, yaitu 33 tahun. Kalau kita sudah dapat memperolehnya hanya dalam setengahnya saja waktu bekerja kita, 17 tahun, tentu itu keren sekaliii

Siapa sih yang tidak mau memperoleh kebebasan finansial ?

Mau sampe kapan kita hidup 8 to 5 ?? bangun pagi butuh perjuangan, snooze snooze ampe ketiduran lagi ( uuups curcool  😝 ), macet – macetan bisa sampai 2 jam dijalan. Sampe kantor kerja jadi cungpret ampe matahari terbenam..

Loom lagi politik kantor, weeeew panjaaang deeeh =P

Terus berulang.. berulang.. berulang..

sampai akhirnya kita tersadar, enough is enough

Memiliki Kebebasan Finansial 20x

Penulis bukan orang yang cukup sabar menunggu sampai 20 tahun, penulis percaya untuk kalian yang agresif juga berpikir demikian.

Maka mau tidak mau kita menaikkan risiko investasi kita, mencari ekspektasi return yang lebih tinggi.

Penulis selalu mentargetkan setidaknya meraih keuntungan 30% setahun. Jauh lebih tinggi dari angka normal 15 -20%, namun penulis memandang masih cukup masuk akal, bukan yang ngomoong cari 5% sebulan =P

Yaa kalau kalian sudah punya apartemen dari Ortu dengan nilai 5 miliar setahun yaa uda achievee deh tuu targetnya kebebasan finansial 20x. Yield dari apartemen senilai itu biasanya 6 – 7%.

Sayangnya yang sehoki itu ga banyak hehehe

Apabila ada pertanyaan atau mau update terbaru dari slaveberdasi dapat melalui  twitter @slaveberdasi , facebook slaveberdasi ,dan email di slaveberdasi@gmail.com

2 Comments on “Kebebasan Finansial 20x

  1. 20 juta itu asumsi pengeluaran nanti kan ? kalau sekarang gak masuk akal soalnya..
    pengeluaran 20 juta tapi pendapatan cuma 15 juta 😀

    • Iyaa kaka 20 juta itu asumsi saja..untuk kalangan middle class, pengeluaran 10 – 20 juta perbulan pada saat sudah mapan itu wajar..

      Ya kalo bandingin pengeluaran skr memang aneeh, pengeluaran penulis juga ga ada setengahnya hehehe

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: