Analisa Saham NRCA

Saham NRCA

Kalau ada potensi keuntungan dalam skenario terburuknya naik 11% dalam satu tahun kedepan, dan bahkan bisa mencapai 50% dalam skenario bagusnya, mau kah kamu mengambil risiko untuk investasi tersebut ? Seperti saham NRCA

Itulah yang ada dikepala penulis sehingga memutuskan berinvestasi pada saham NRCA. Sebagai informasi saham NRCA merupakan perusahaan kontruksi swasta, dengan nilai pasar hanya sekitar 900 miliar rupiah, keciiil cuii.

Memang ketika pasar IHSG sedang terkoreksi hingga -10% seperti sekarang ini, banyak saham blue chip yang terlihat menarik, namun ada alasan kuat kenapa penulis merasa saham ini wajib dimiliki, karena memenuhi kriteria penulis dalam berinvestasi

Kepastian

Berapa sih untung yang didapat dari saham dalam satu tahun ? bisa puluhan, bahkan ratusan persen !!

lalu kenapa kita tidak berhutang saja yang bunga nya 20% terus maenin saham duitnya ?

ga mau, karena tidak ada kepastian !!

bisa naik puluhan persen..

bisa juga turun segitu !!

begitu kan yang kita pikir sebagai investor saham..

Dari pengalaman penulis berinvestasi selama satu dekade, dari yang penulis pelajari dari mentor penulis, ataupun dari cara berpikir the Greatest Investor yang penulis pelajari, penulis mengambil satu kesimpulan dasar dalam berinvestasi yang menjadi filosofi penulis dalam berinvestasi saat ini.

Filosofi investasi itu adalah bagaimana kita mengambil keuntungan sebesar – besarnya ketika kita memiliki satu conviction yang besar pada satu saham / instrumen, kita yakin banget ini bakal naek !!

Tidak perlu untung duit recehan berkali kali, biarlah itu menjadi dunianya trader yang pelototin monitor tiap hari.

Sementara Cukup 1x penulis mengambil posisi penting dalam satu waktu, dan ketika conviction penulis tinggi, penulis akan mengambil posisi besar dan siap menahannya hingga lebih dari satu tahun.

Sebagai informasi penulis tidak mengambil posisi di NRCA sebesar ketika penulis borong PTBA ketika dihajar habis2an oleh asing karena masalah DMO akhir tahun lalu, posisi 100% waktu itu boo !!

sekarang ini hanya sekitar 30 – 40%, karena sepanjang pengalaman penulis, ketika market recover maka blue chip yang naik duluan, masi ada waktulah buat naikkin posisi di saham nrca nanti.

Lalu apa yang membuat penulis sangat yakin dengan hasil analisa saham NRCA ini ?

saham NRCA, Analisa Saham NRCA, SlaveBerdasi-Analisa Saham

How Low Can You Go ?

Jawabannya nowhere..

Kapitalisasi pasar nrca saat ini hanya 900 miliar. Sementara mereka punya cash hampir 800 miliar !!!

Ini sama aja kita beli rumah seharga 900 miliar. Naah itu rumaah ada brangkas isinya duit 800 miliar !!!

Dengan zero debt, rata – rata pemasukan 100 miliar satu tahun, dikurangi belanja modal yang kecil hanya sekitar 30  miliar setahunnya, setidaknya mereka selalu mendapatkan tambahan nett cash 70 miliar setiap tahun..

Itu artinya tahun depan cash mereka akan lebiih besar dari nilai kapitalisasi pasarnya !!! edaaan !!!!

Kalau kita bicara value investing, saham ini jelas sudah tidak masuk akal valuasinya. Gilaa cuiii murahnya

Mungkin beberapa banyak yang kecele karena melihat PER nya yang tidak murah – murah amat, masih dilevel 10x

Guys, remember, ketika bisnis lagi depress tutup mata deeh sama PER. Tahun 2016 emang saham batubara p/e nya murah ?? noo !! uda mo kolaps waktu itu karena harga batubara dibawah nilai ekonomis

Sama halnya saat ini dengan saham NRCA, bisnis kontraktor sedang lesu. Namun ketika sedang low seperti saat ini saja NRCA masih tetap sangat baik dalam melakukan manajemen operationalnya..

Apalagi ketika bisnis kontruksi recover lagii ???

Skenario Penulis Untuk Saham NRCA

Sebagai informasi penulis sudah mengikuti saham ini sejak mereka IPO dulu, hingga meroket karena digoreng dengan isu tol trans JAVA ( tepuk tangan buat yang promote =P ). Penulis menyukai perusahaan ini karena secara Good Corporate Governance, penulis percaya perusahaan ini OK.

Namun baru saat ini penulis memiliki high conviction. Karena secara valuasi sudah tidak masuk akal. Menurut hitungan simple penulis tanpa extra ordinary cash hasil penjualan tol nya ke astratel, EV / EBITDA sekitar 2 – 3x , gileee !!! normalnya perusahaan IPO itu 7x EV/EBITDA, ini Cuma 2x !!!

Ketika harganya di 600 perusahaan sempat melakukan program buyback. Namun setelah program buyback saham selesai, harga saham nrca kembali nyemplung hingga saat ini berada dilevel 384 per lembar sahamnya.

Penulis kalau jadi pemiliknya NRCA siih nangis yaa lihat perusahaannya dihargain cuma segitu dibursa, pediih !! tapi yang sebagai pengusaha sektor riil, ga perlu terlalu pusink juga sih sama harga sahamnya, loom butuh juga kan cari funding disitu.

Saham NRCA ini merupakan anak usaha saham SSIA. Di Bali mereka yang bikin hotel Bvlgari, sementara Jakarta seperti apartemen Regatta, banyak laah projeknya sebagai kontraktor utama maupun subcon, bisa dicek sendiri di Public Expose nya

saham NRCA, Analisa Saham NRCA, SlaveBerdasi-Analisa Saham

Dengan laba bersih per semester 1 hanya 53 miliar, perusahaan ini masi jauh dibawah potensinya.. ya iyaa, punya cash 800 miliar, kalo duitnya dibeliin obligasi pemerintah sekarang bisa dapat 70 miliar setaon. Ini capek – capek kerja dengan risiko ini itu, pendapatannya ga beda jauh sama duitnya dipendem beliin obligasi pemerintah, ga usah kerja, tinggal tidur nyenyak 😛

Namun itu juga yang menunjukkan betapa besarnya potensi mereka ketika bisnis recover, saat ini mereka sedang suffer, namun secara operational mereka sangat sehat.

Untuk menjelaskan kenapa penulis memiliki saham ini, terdapat 3 skenario yang penulis buat untuk exit plan nya aka monetize !!

3 Skenario ketika Penulis membeli saham NRCA

1. Projek Infrastruktur

Jadi alasan kenapa perusahaan menahan cash sampai sedemikian besar adalah karena sejak tahun lalu mereka berusaha mengikuti tender pembangunan tol subang – patimban kolaborasi dengan Jasa Marga.

Mereka hendak memiliki sahamnya juga pada tol ini. Dengan nilai projek tol 4 triliun, apabila ingin memiliki 20% sahamnya aja, artinya mereka butuh 800 miliar, yaa kayak cash mereka saat ini.

Apabila tender ini benar dimenangkan ( ampe skr masih ngambang, hiks! 😢) most likely mereka jadi kontraktor utamanya. Anggaplah mereka dapat keuntungan 5% dari projek bikin tol ini, itu artinya 200 miliar !! uda nutup pendapatan mereka hampir 2 taon kedepan !!!

Jelas kalau tender ini dimenangkan saham ini bakal terbang, kontrak 2 taon kedepan uda amaaan boss !!

Tapi dengan saat ini pemerintah fokus menstabilkan rupiah, menunda projek2 infrastuktur, maka sayangnya kita lupakan dulu skenario terbaik ini

2. Dividen Play

Dengan surplus cash luar biasa besar, duitnya ga jadi kepake buat projek tol, pendapatan setahun mencapai 100 miliar, sementara belanja modal cuma 30 – 40 miliar setahunnya. Menurut penulis setidaknya perusahaan ini akan membagi dividen sama dengan besaran yang diberikan tahun ini, yaitu 96 miliar atau 40 perak per lembar sahamnya

Harga saham saat ini 384, itu berarti dividen yield nya 10,5%. Dengan dividen sebesar itu penulis yakin menjelang musim dividen pertengahan taon depan ini saham bakal ditarik lagi, yaa balik lagi deket2 500 laah, kenaikan 20 – 30% dari harga sekarang.

Alasan kedua ini yang menjadi dasar penulis aman investasi dilevel sekarang. Seandainya harga sahamnya flat pun, penulis bisa dapat dividen yield hingga 10%, masuk dalam margin of safety penulis

3. Pulihnya Bisnis Kontruksi

Dengan ekuitas saat ini 1,1 triliun dan tidak punya hutang, perusahaan ini sangat sehat. Hanya masalahnya kapan bisnis konstruksi pulih kembali, dan berapa kira – kira yang bisa mereka dapat

Lazim kita sering mendengar ketika ditanya berapa kenaikan laba IHSG taon depan ? “ yaa kurang lebih 15% laaah.. “

Basi dengernya, tapi mari kita gunakan angka itu sebagai angka konservatif ketika mengekspektasikan bisnis kontruksi pulih kembali normal

Dari 15% ekuitas 1,1 triliun maka kita dapatkan laba bersih nya di 165 miliar. Dengan kapitalisasi pasar saat ini 950 miliar maka ketika pasar pulih penulis berekspektasi P/E nya berada dilevel 5 – 6x.

Lalu kalau bisnis kontruksi pulih, saham konstruksi akan dihargai 6x P/E ??

Ga bakalan, pasti Re-rating !!!

Setidaknya saham konstruksi akan dihargai di 10 – 12x p/e , itu artinya ada ruang kenaikan hingga 100%

Untuk skenario ini, penulis mengasumsikan bisnis konstruksi akan pulih dalam 2 tahun kedepan, setelah pipres laah.

Summary

Secara valuasi, saham NRCA ini edaaaan, saham termurah yang pernah penulis liat sepanjang maen saham, lebih murah dari KBLV pas jaman dulu !! operational nya baguus lagii !!!

Namun kembali lagi, dengan IHSG sekarang dilevel 5800 – 5900, banyak saham blue chip yang menarik, kayak maren penulis sikat di ASII pas 6800, iseng doank siih trading, gatel =P

Karena IHSG lagi diskon, makanya biarpun saham NRCA sangat menarik bagi penulis, namun penulis khawatir akan oportuniti lost ketika saham – saham blue chip ini recover duluan

Posisi penulis disaham NRCA saat ini sekitar 30 – 40%. Betul tidaknya hipotesa penulis, only time will tell

Always disclaimer mode on ^^

4 Comments on “Analisa Saham NRCA

  1. Terima kasih atas tulisan nya. Saya penggemar saham murah pak dan saya akui ini saham memang murah. Dan untuk cash saya kebetulan ada cukup karena berkaca dari pengalaman saat tensi perang dagang kemarin dimana saya tidak punya uang sisa untuk belanja saham. Maka sekarang saya sudah siapkan uang belanja yang cukup mengingat kondisi yang saya lihat belum meyakinkan. eh ternyata dollar naik dan banyak saham diskon. Lega banget saya sudah siapkan uang. Lalu hubungannya apa?ya dilema pak. karena saham blue chip banyak yang murah jadi saya lebih tergoda beli blue chip daripada saham undervalue 🙁

    • ya memang itu sulitnya pak hehehe..at least masuk watchlist dulu aja

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: