Kebebasan Finansial

5 Alternatif Sumber Dana Pensiun

Menyiapkan dana pensiun tidak terlalu penting! Inilah yang menjadi pemikiran orang pada umumnya. Punya gaji tiap bulan, bisa memenuhi kebutuhan hidup, bayar cicilan, ada alokasi dana untuk jalan-jalan, itu sudah cukup.

Lagian sekarang tiap pegawai punya BPJS Ketenagakerjaan, punya dana pensiun, kenapa harus memikirkan dana pensiun lagi?

Iya sih, ada benar juga. Tiap bulan gaji dipotong untuk disisihkan ke dana pensiun. Yang menjadi pertanyaan berikutnya : cukup nggak dana pensiun tersebut menghidupi kamu setelah tidak bekerja? Emang yakin kebutuhan setelah pensiun itu lebih sedikit?

Coba deh kamu perhatikan poin-poin di bawah ini untuk menentukan apakah setelah pensiun kebutuhan menjadi lebih sedikit atau tidak.

  1. Kesehatan
  2. Makan dan minum
  3. Tempat tinggal
  4. Melakukan hobi
  5. Traveling

Dari lima poin di atas, kamu bisa berpikir bahwa pengeluaran saat pensiun akan lebih banyak jika dibandingkan sewaktu kerja. Ada biaya check up kesehatan yang harus kamu alokasikan tiap bulan, makanan dan minuman juga pun lebih variatif, tempat tinggal butuh juga kan ya dirawat atau pengin renovasi, melakukan hobi agar bisa tetap sehat pun penting.

Jika ditotalkan dalam sehari saja, pengeluaran kamu bisa sama bahkan lebih tapi kurang itu tidak mungkin. Belum lagi jika dihadapkan dengan kondisi membantu anak, kamu harus memiliki dana yang cukup bukan?

Karenanya, kebutuhan akan dana pensiun itu haruslah menjadi sebuah keharusan.

Agar lebih meyakinkan, tiga alasan di bawah ini membuat alternatif sumber dana pensiun wajib untuk dimiliki.

3 Alasan Mengapa Alternatif Sumber Dana Pensiun Perlu untuk Dimiliki

Kapan Usia Pensiun yang Paling Pas?

Saat pensiun kesehatan rentan terganggu

Katakanlah kamu mengambil pensiun di usia 55 tahun. Di usia tersebut, kondisi fisik kamu tidak sama lagi seperti usia 30-an. Ada hal-hal yang mesti diperhatikan secara rutin seperti kolesterol, gula darah, asam urat. Ini hal dasar lho, belum lagi kalau kamu pernah mengalami riwayat operasi misalnya, mau tak mau harus rutin kontrol dong.

Dilansir dari Mercer Marsh Benefits 2019  kenaikan biaya medis di tanah air adalah 11% per tahun. Ya, ini berarti akan ada kenaikan terkait biaya jasa tenaga medis, obat-obatan dan rumah sakit.

Orang lanjut usia rentan terlantar

Tinggal dekat dengan anak tentunya membahagiakan. Tapi, bagaimana jauh dari keluarga? Ditambah kondisi keuangan kamu saat itu pas-pasan atau bahkan kurang. Mau minta uang ke anak pun sungkan karena mereka juga membutuhkan uang untuk hidup. Inilah yang membuat lansia rentan terlantar.

Kebutuhan hidup meningkat

Perlu kamu pahami bahwa inflasi itu adalah hal yang pasti terjadi. Itulah mengapa kebutuhan saat pensiun akan sangat jauh berbeda dengan kondisi saat kamu bekerja. Dan kamu harus mempersiapkan dana pensiun untuk menanggulangi masalah tersebut.

Lalu, apa yang kamu butuhkan untuk mempersiapkan dana pensiun?

Kebutuhan yang Harus Diperhatikan untuk Mempersiapkan Alternatif Sumber Dana Pesiun

80% Rule: Berapa Biaya Hidup yang Dibutuhkan di Masa Pensiun?

Hitung apa saja kebutuhan pensiun

Jangan masa bodoh tidak mau mencari tahu kebutuhan saat memasuki usia pensiun. Dengan merinci kebutuhan inilah akan muncul estimasi angka untuk total pengeluaran kamu nantinya.

Selanjutkan, lakukan perhitungan sedetail mungkin berapa yang dibutuhkan untuk kebutuhan pokok seperti biaya makan, listrik, transportasi, air, iuran hunian dan sebagainya.

Tak lupa masukkan juga hitungan untuk biaya lifestyle seperti traveling, menyalurkan hobi.

Ingatlah, untuk bisa mendapatkan kenyamanan di masa pensiun nanti, kamu mesti memperhitungkan segala skenario kemungkinan terburuk yang bisa terjadi saat sumber pendapatan utama hilang.

Kapan mau pensiun?

Ini juga penting untuk ditentukan, kapan mau pensiun?

Adanya estimasi waktu pensiun, kamu bisa memiliki target waktu yang cukup dalam mempersiapkan dana pensiun tentunya. Dan ini juga akan menjadi bahan pertimbangan utama saat kamu mencari alternatif sumber dana pensiun.

Bagi kaum pekerja pada umumnya, dana pensiun di tempat bekerja adalah andalah untuk mempersiapkan masa pensiun. Karena merasa telah ada dana pensiun jadi terlena, tidak mau memiliki alternatif sumber dana pensiunnya.

5 Alternatif Sumber Dana Pensiun

Alternatif Sumber Dana Pensiun

Untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki dana pensiun berupa taspen, sedangkan karyawan perusahaan swasta biasanya difasilitasi oleh perusahaan tempat bekerja. Nantinya tiap karyawan akan diikutsertakan dalam BPJS Ketenagakerjaan atau program DPLK (Dana Pensiun Lembanga Keuangan).

Sebaiknya kamu juga memiliki alternatif sumber dana pensiun yang nantinya akan membantu kamu dalam memenuhi segala macam kebutuhan di usia pensiun.

Apa saja alternatif sumber dana pensiun?

Asuransi

Asuransi ini termasuk alternatif sumber dana pensiun karena dengan memilikinya, kamu akan terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan, sakit misalnya.

Memiliki asuransi kesehatan, kamu telah menghemat banyak uang dalam melakukan pengobatan. Tak sedikit lho biaya yang harus dikeluarkan untuk pengobatan, tabungan pun bisa habis jika untuk membayarnya jika kamu tidak memiliki asuransi kesehatan.

Investasi Properti untuk Capai Kebebasan Finansial

Rumah

Iya rumah yang kamu tempati bisa menjadi sumber alternatif dana pensiun.

Begini, ketika anak-anak sudah beranjak dewasa dan menikah pada umumnya mereka akan pindah. Rumah yang kamu miliki pun memiliki banyak ruangan kosong, manfaatkan hal tersebut dengan menyewakannya ke orang lain.

Atau kamu ingin tinggal di rumah kecil nantinya saat pensiun nanti. Kamu bisa menjual rumah tersebut, dan pindah. Tak hanya rumah yang didapat tapi uang juga. Kalaupun tidak ingin menjual, ada opsi kontrak rumah yang bisa kamu ambil untuk mendapatkan uang.

Investasi

Yes, investasi memang jalan ninja terbaik untuk alternatif dana pensiun.

Sekarang ini sudah banyak jenis investasi yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun nanti. Ada reksa dana, saham yang memiliki imbal hasil baik di masa depan. Atau kamu bisa mencoba mengembangkan dana di fintech pendanaan yang tengah hype di kalangan milenial saat ini. Imbal hasil per tahunnya sangat legit!

Jangan tunda untuk memulai investasi. Mulai dari sekarang, sisihkan uang gaji ke dalam instrumen investasi. Tapi, perlu diingat jangan ikut-ikutan dalam memilih instrumen investasi, kamu harus pahami dulu profil risiko sebelum memutuskan. Dan jangan pernah lelah untuk mencari informasi tentang investasi.

Hobi

Sekarang ini hobi bisa menghasilkan cuan! Sudah jamak terjadi sekarang ini.

So, mengapa kamu tidak memanfaatkan hobi untuk menjadi alternatif sumber dana pensiun? Teknologi sudah sangat memudahkan, tinggal kamu saja mau memulainya atau tidak.

Contohnya nih, kamu memiliki hobi bercocok tanam, bisa tuh menjual berbagai macam tanaman sekarang ini. Atau menjadi reseller, sambil tetap bekerja kamu punya usaha sampingan. Begitu pun dengan dunia crafting, sekarang ini banyak wadah untuk menjual hasil karyamu. Jadi, jangan takut untuk memulai!

Ini Dia Perbedaan Menabung dan Investasi yang Perlu Kamu Tahu

Tabungan

Ini adalah salah satu produk perbankan yang masih banyak diminati oleh masyarakat. Sekarang ini banyak produk tabungan yang memberikan kemudahan seperti bebas biaya administrasi dan kartu, bebas biaya transfer, bebas biaya tarik tunai dan lain sebagainya. Jadi, kamu bisa menyisihkan uang ke tabungan tiap bulannya tanpa takut akan kena potongan.

Yang perlu diperhatikan adalah pilihlah tabungan yang sesuai dengan tujuan keuangan kamu. Baca kembali keunggulan dan kekurangan yang ditawarkan, baru memutuskan untuk menabung.

Well, dana pensiun sudah selayaknya menjadi salah satu tujuan keuangan kamu. Kita nggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Namun, dengan mulai menyisihkan dana untuk dana pensiun bisa meminimalisir akan kemungkinan terburuk di usia pensiun nanti.

Mau hidup aman dan nyaman saat pensiun nanti, ada di tangan kamu sekarang ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.