Kebebasan Finansial

Financial Independence Retire Early: Apa Artinya?

Jika dulu kita masih belum mengerti apa arti istilah financial independence, sekarang hal ini menjadi motivasi bagi banyak orang untuk bisa mencapainya. Ini tak lepas dari arus informasi yang semakin meluas dan menjangkau banyak orang, sehingga merdeka finansial ini pun dijadikan tujuan keuangan.

Financial independence atau merdeka finansial merupakan fase di mana seseorang telah mempunyai penghasilan yang cukup dalam membiayai seluruh kebutuhan hidup tanpa mesti bergantung ke satu pekerjaan. Karena aset yang dimiliki seperti investasi sudah bisa menghasilkan uang yang nilainya lebih besar daripada biaya hidup.

Jadi, jelas bukan mengapa sekarang ini banyak yang ingin mencapai fase merdeka finansial. Siapa sih yang tak pengin hidup lebih santai tanpa mesti memikirkan harus kerja dari pukul 8 pagi hingga 5 sore, cicilan yang bikin pusing? No one. Semua orang pasti ingin ada di fase itu, di mana bisa lebih menikmati waktu yang ada dan tetap memiliki penghasilan.

Nah, bicara tentang financial independence beberapa tahun belakangan ini banyak orang di seluruh dunia melakukan gerakan FIRE.

Cara Menghitung Dana Pensiun: Berapa Sebenarnya Kebutuhan Kita?

Mengenal FIRE – Financial Independence Retire Early (FIRE)

Financial Independence Retire Early (FIRE) adalah sebuah gerakan finansial yang dilakukan dengan cara menghemat hingga 70% penghasilan per bulan dan menyiapkan investasi maupun tabungan sebesar 30 kali lipat dari penghasilan tahunan.

Tujuan dari FIRE apa?

Agar kita merdeka finansial dan bisa pensiun dini sebelum memasuki usia pensiun pada umumnya, kalau di negara kita di umur 56 tahun ya.

Dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini, generasi milenials sangat mendukung gerakan FIRE ini. Gelombang gerakan ini muncul di berbagai negara.

Intisari dari gerakan Financial Independence Retire Early atau FIRE ini adalah kamu menerapkan gaya hidup hemat yang ekstrem (karena mesti menghemat 70% dari gaji) selama beberapa tahun. Jadi, selagi masih berada di usia produktif maka bekerjalah semaksimal mungkin juga berhemat!

Ketika tabungan kamu telah mencapai kira-kira 30 kali pengeluaran tahunan, jika dihitung kurang lebih $ 1 juta dolar AS atau setara Rp 14 miliar dengan kurs sekarang, maka kamu bisa berhenti dari pekerjaan dan nikmati hidup!

Fungsi Dana Pensiun Itu Apa Sih Sebenarnya?

Awal Mula Gerakan FIRE

Istilah Financial Independence Retire Early (FIRE) pertama kali muncul di publik dikenalkan oleh penulis buku, Vicki Robin dan Joe Dominguez tahun 1992. Mereka berdua adalah penulis buku terkenal “Your Money Your Life”.

Selain itu, ada juga Jacob Lund Fisker yang menulis buku dengan judul “Early Retirement Extreme” yang membahas tentang gerakan FIRE ini. Di buku Fisker menjelaskan akan keutamaan dari gerakan FIRE dan cara agar bisa mendapatkan penghasilan semaksimal mungkin dalam rentang waktu yang pendek. Tujuannya agar bisa mencapai financial independence secepat mungkin.

Awalnya banyak yang mengomentari bahwa gerakan FIRE ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki dana lebih. Tapi, seiring dengan perkembangan zaman juga teknologi, semua orang bisa melakukannya dengan mudah dengan jangka waktu yang relatif singkat.

Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan, gerakan FIRE sudah dimulai sejak tahun 2010 dan ada banyak komunitas FIRE yang membahas tentang gerakan ini di media blog, podcast dan forum. Tapi, jangan salah ya, anggota komunitas FIRE ini datang dari berbagai macam status sosial ekonomi.

Sebuah pandangan dari OJK akan gerakan FIRE ini adalah bukan hanya tentang merdeka finansial dan pensiun dini tapi lebih ke gerakan untuk mencapai cita-cita.

Financial Independence Retire Early: Apa Artinya?

Manfaat Gerakan FIRE

Mengajak kita untuk mulai menyiapkan dana pensiun

Gerakan FIRE ini sangat baik karena mengubah pandangan kaum milenials yang selama ini malas memikirkan dana pensiun. Di sini kita diajak untuk memikirkan di masa depan nanti kita mau hidup seperti apa?

Kalau pengin nggak punya utang, bebas cicilan, pengin bisa traveling bareng pasangan tanpa memikirkan pekerjaan maka hayuk dimulai gerakan financial independence retire early ini!

Secara langsung gerakan ini membuat kita memikirkan bahwa dana pensiun itu sangatlah penting ke depannya. Selain bisa hidup dengan keinginan kita, adanya dana pensiun bisa memutus rantai sandwich generation.

Cara untuk menekan pengeluaran yang tidak penting

Memisahkan antara kebutuhan dan keinginan ini sangat penting agar gerakan FIRE bisa tercapai.

Sekarang ini, kita hidup di masa di mana gaya hidup udah semakin hedon. Belum lagi perkembangan teknologi bisa membuat pengeluaran makin membengkak jika kita tidak pintar untuk mengelolanya.

Sebut saja promo diskon di tiap tanggal cantik di berbagai e-commerce. Pokoknya di awal, tengah, akhir bulan pasti ada saja promonya. Kalau kita tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, dan juga psikologis maka pasti kantong akan jebol.

Gerakan Financial Independence Retire Early sangat menekankan agar kita lebih bisa mengendalikan diri agar pengeluaran lebih terjaga.

Saatnya memiliki passive income

Jika kamu pengin pensiun dini, maka kamu harus lebih kreatif dalam ‘menciptakan’ passive income.

Jangan terlalu terlena dengan gaji sekarang ini yang sudah mencapai tujuh atau delapan digit. Kamu membutuhkan passive income agar bisa mencapai tujuan FIRE ini.

Passive income bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Seperti membuka bisnis kecil-kecilan sesuai passion, bekerja part time di dunia digital seperti menjadi blogger, youtuber atau kamu bisa mengembangkan skill yang dipunya untuk membuka usaha jasa foto misalnya dan juga kelas online.

See, banyak banget lho peluang yang bisa kamu manfaatkan untuk memeroleh passive income setiap bulannya.

Tabungan dan investasi adalah prioritas

Jika kamu mau pensiun dini dengan gerakan FIRE, maka kamu mesti prioritaskan menabung dan investasi. Semakin besar porsi kamu menabung atau investasi maka semakin besar pula peluang untuk mencapai fase pensiun dini.

Menabung dan investasi dengan porsi 50% dari gaji barangkali terlalu berlebih bagi kamu sekarang ini. Karena mungkin saja, kamu memiliki cicilan yang mesti dialokasikan per bulan. It’s okay.

Di sini, kamu perlu menabung dan investasi dengan porsi yang realistis. Ya, realistis sesuai gaji dan pengeluaran. Mau porsi 10-20-30 persen silahkan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Tapi pastikan, tiap bulan kamu wajib menyisihkan ke pos tabungan atau investasi ya. Karena jika kamu rutin melakukannya, ini akan membentuk kebiasaan positif.

Ingat compound interest atau bunga berbunga? Ini bisa kamu peroleh jika rutin melakukannya dalam jangka waktu yang panjang.

Gerakan Financial Independence Retire Early (FIRE) sangatlah baik dalam membentuk kebiasaan kita agar lebih mengedepankan kebutuhan, menekan pengeluaran dan menabung. Sekali lagi, semua kalangan bisa banget kok melakukannya tak ada batasan usia. Bahkan jika kamu sekarang ini berusia 20-an tahun dan melakukannya akan lebih baik.

Inti dari gerakan ini pun kembali lagi bermuara di cara kita mengelola keuangan. Semua memang butuh proses dan jangan pernah lelah untuk melakukannya.

Gimana, mau ikut gabung di gerakan FIRE ini? Share ya pendapat kamu di kolom komen.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.