Kebebasan Finansial

Fungsi Dana Pensiun Itu Apa Sih Sebenarnya?

Sekarang ini kita lagi berada di usia produktif, maka bekerjalah semaksimal mungkin. Bekerja dan kumpulkan dana pensiun, agar kelak saat memasuki usia pensiun kamu bisa menikmati jerih payah selama usia produktif. Tapi, apa sebenarnya fungsi dana pensiun?

Menyiapkan dana pensiun itu hal yang wajib dilakukan oleh karyawan. Dan perusahaan sebagai pihak pemberi kerja juga memiliki kewajiban untuk mendaftarkan karyawannya ke program dana pensiun. Dikatakan wajib karena ini tertuang dalam Undang-Undang. Bagaimana kalau perusahaan tidak mau mengikuti program dana pensiun? Yang pastinya akan kena sanksi.

Oleh karena itu, sebuah perusahaan minimal mengikuti salah satu program dana pensiun seperti BPJS Ketenagakerjaan. Di BPJS Ketenagakerjaan ini ada berbagai program yang bisa diikuti seperti Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan hingga Jaminan Kematian.

Bisa dikatakan sebagai karyawan bisa bernapas lega ya karena pos dana pensiun sudah dimiliki. Untuk tambahan bisa didapatkan dari alternatif sumber dana pensiun.

Agar memahami lebih lanjut tentang dana pensiun, tujuan dan juga fungsi dana pensiun itu sendiri, berikut ini ulasannya semoga bisa membantu kamu, ya.

Apa yang Perlu Kamu Tahu tentang Program Rencana Pensiun Perusahaan

Pengertian Dana Pensiun

Dana pensiun adalah hak karyawan yang akan didapatkannya saat memasuki usia pensiun, terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) atau meninggal dunia.

Namun menurut UU No. 11 Tahun 1992, pengertian dana pensiun adalah badan hukum yang bertugas mengelola dan juga menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun.

Dari pengertian ini, dana pensiun itu berupa lembaga atau badan hukum yang akan mengelola program pensiun yang dimaksudkan dengan tujuan memberikan kesejahteraan pada karyawaan suatu perusahaan terumata yang telah pensiun.

Lalu, mengapa kamu perlu mengikuti program dana pensiun?

Mempersiapkan masa pensiun bisa dilakukan dengan banyak cara. Fungsi dana pensiun itu sendiri adalah menyediakan bekal yang cukup agar kita bisa tetap memeroleh penghasilan saat tidak bekerja lagi. Nah, cara yang mudah adalah mengikuti program dana pensiun agar kamu bisa menyiapkan kesejahteraan di hari tua sejak dini.

Tentu saja program dana pensiun ini dibuat dengan tujuan menyediakan manfaat pensiun bagi pesertanya. Setidaknya kamu akan merasa aman dan tenang karena sudah mengikuti program dana pensiun ini.

Namun, ada juga sisi positif dari dana pensiun selain memberikan penghasilan di masa depan yaitu, turut menyumbangkan motivasi bagi kita agar lebih giat bekerja di usia produktif ini.

Mau Bebas Finansial Lebih Cepat? Miliki 7 Sumber Pemasukan Ini!

Tujuan Dana Pensiun

Sebelum membahas fungsi dana pensiun, kita mesti tahu dulu tujuan dana pensiun, yang bisa dilihat dari tiga sisi yaitu perusahaan, karyawan, dan dari sisi si penyelenggara program pensiun.

Perusahaan

  • Sebagai kewajiban moral, perusahaan wajib memberikan rasa aman bagi karyawan untuk masa yang akan datang, sehingga mereka tidak lagi khawatir akan sumber penghasilan saat memasuki usia pensiun.
  • Loyalitas, perusahaan tentunya mengharapkan loyalitas dari karyawan dan mengikutsertakan karyawan ke dalam program dana pensiun adalah salah satu cara agar loyalitasnya terjaga.
  • Kompetisi di pasar tenaga kerja, seperti yang diketahui kompetisi pasar tenaga kerja terbuka lebar, perusahaan-perusahaan saling bersaing untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dan profesional.
  • Penghargaan bagi karyawan yang sudah bekerja di perusahaan dalam jangka waktu relatif lama.
  • Secara langsung meningkatkan citra perusahaan di mata pemerintah dan masyarakat

Peserta atau karyawan

  • Adanya rasa aman bagi karyawan dan mengurangi kekhawatiran akan penghasilan di masa pensiun nanti.
  • Mendapat kompensasi yang lebih baik, peserta memiliki tambahan kompensasi meskipun bisa menikmati saat mencapai waktu pensiun atau berhenti bekerja.
  • Motivasi karyawan untuk giat bekerja.

Penyelenggara Dana Pensiun

  • Mengelola dana pensiun agar mendapatkan keuntungan
  • Mendukung program pemerintah
  • Wujud bakti sosial peserta dana pensiun
Fungsi Dana Pensiun Itu Apa Sih Sebenarnya?

Fungsi Dana Pensiun

Mengikuti programnya, lalu apakah kamu sudah mengetahui fungsi dana pensiun?

Yuk, disimak tiga poin fungsi dana pensiun ini.

Asuransi

Ya, fungsi dana pensiun itu sebagai asuransi. Ketika peserta mengalami cacat saat bekerja atau meninggal dunia sebelum waktu pensiun bisa diberikan uang pertanggung jawaban atas beban bersama yang diambil dari dana pensiun.

Tabungan

Ini jelas banget ya, fungsi dana pensiun sebagai tabungan untuk masa pensiun nanti. Tabungan ini dikumpulkan dari iuran peserta dan iuran pemberi kerja untuk dan atas nama peserta dana pensiun itu sendiri. Nah, iuran yang dibayar oleh karyawan bisa dilihat lho setiap bulan sebagai tabungan para pesertanya.

Pensiun

Setiap perusahaan memiliki usia pensiun yang berbeda-beda, kecuali untuk PNS memiliki ketetapan yang diatur UU yaitu usia 56 tahun. Seluruh uang yang dihimpun dari iuran peserta dan pemberi kerja serta hasil pengelolaannya akan dibayarkan dalam bentuk manfaat pensiun. Dimlau dari bulan pertama memasuki usia pensiun hingga seumur hidup peserta.

Jika dilihat dari fungsi dana pensiun, tentunya penyiapan dana ini sangat berguna banget ya bagi kehidupan saat tidak bekerja lagi.

Setelah memahami tujuan dan fungsi dana pensiun, pertanyaan lanjutan adalah jenis dana pensiun apa yang bisa kamu ambil? Ternyata ada empat jenis pensiun yang bisa kamu pilih.

Kenali 5 Perbedaan Program Pensiun Manfaat Pasti dan Iuran Pasti

1. Pensiun Normal

Jenis pensiun ini diberikan bagi karyawan yang usianya telah mencapai masa pensiun sesuai yang ditetapkan oleh perusahaan masing-masing. Jadi, tiap perusahaan tidak sama ya untuk ukuran usia pensiun. Rata-rata usia pensiun di Indonesia itu ada di usia 55 tahun hingga 65 tahun untuk profesi tertentu seperti profesor, dosen.

2. Pensiun Dipercepat

Jenis pensiun yang satu ini untuk kondisi tertentu. Contohnya nih dalam satu keadaan perusahaan mengalami kerugian dan harus melakukan pengurangan karyawan. Sehingga ada banyak karyawan yang harus dipensiunkan dini oleh perusahaan.

3. Pensiun Ditunda

Jenis pensiun ini diberikan bagi karyawan yang meminta pensiun sendiri, tapi usianya belum memenuhi syarat untuk pensiun. Untuk kasus ini karyawan akan dibayarkan dana pensiunnya saat mencapai usia pensiun.

4. Pensiun Cacat

Jenis pensiun yang diberikan bukan karena usia namun dikarenakan peserta mengalami kecelakaan dan dianggap tidak bisa lagi dipekerjakan. Untuk pembayaran pensiunnya tetap dihitung berdasarkan rumus manfaat pensiun normal yang mengacu pada usia pensiun normal.

Sedangkan untuk jenis dana pensiun, menurut Otoritas Jasa Keuangan dibagi atas tiga bagian yakni :

  1. Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) adalah dana pensiun yang diselenggarakan oleh pemberi kerja bagi sebagian maupun untuk seluruh karyawannya.
  2. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) adalah dana pensiun yang diselenggarakan oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa bagi masyarakat umum, karyawan maupun pekerja mandiri.
  3. Dana Pensiun Lembaga Asuransi Kesehatan (DPLAK) adalah sebuah dana pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan program pensiun iuran pasti bagi perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari dana pensiun pemberi kerja bagi karyawan bank atau perusahaan asuransi jiwa yang bersangkutan.
5 Alternatif Sumber Dana Pensiun

Mempersiapkan dana pensiun adalah hal yang penting dalam perencanaan keuangan. Tapi, masih banyak yang tidak terlalu peduli dengan hal ini.

Oleh karena itu, yuk persiapkan sejak dini dana pensiun, karena semakin cepat dipersiapkan, maka akan semakin tinggi juga hasil yang bisa kamu peroleh di masa depan. Dan jangan lupa untuk proteksi, ya karena hidup penuh risiko. Kamu tak mau kan ya sesuatu terburuk terjadi dan menyebabkan kamu nggak bisa menikmati dana pensiunnya?

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.