Kebebasan Finansial

Gaji UMR dan Mau Investasi demi Masa Pensiun Sejahtera? Bisa!

Siapa sih yang tidak ingin mapan sejak muda? Meraih kebebasan finansial boleh jadi idaman semua orang, termasuk generasi milenial saat ini. Tapi, dengan gaji UMR bisa tidak ya, mewujudkan impian tersebut?

Nah, itu pertanyaan kamu juga ya, jangan-jangan? Well, jawabannya, ya tentu saja bisa!

Menabung, berinvestasi, dan membangun bisnis jadi kunci untuk meraih kesuksesan dan kebebasan finansial. Dengan gaji UMR pun, keduanya masih bisa dilakukan. Prinsipnya jangan sampai penghasilan habis karena tergoda untuk membeli hal-hal yang tidak bermanfaat. Di sinilah pentingnya pemahaman pengelolaan keuangan dengan bijak.

Tak sedikit orang yang masih enggan berinvestasi karena merasa harus mengeluarkan modal yang besar. Perlu diketahui, saat ini banyak jenis investasi yang dapat dilakukan dengan sedikit modal. UMR atau bahkan sisa uang saku bulanan pun cukup untuk mulai berinvestasi.

Selain modal, dalam berinvestasi juga membutuhkan waktu dan komitmen yang kuat. Jika masih ragu menggelontorkan sejumlah uang untuk berinvestasi, kamu bisa lakukan tip berikut ini.

Perlukah Tambahan Dana Pensiun Lain Apabila Sudah Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan?

Cara Mudah Berhemat dengan Gaji UMR untuk Investasi

Untuk berinvestasi, of course, kamu akan perlu beberapa hal untuk dikorbankan.

Berhemat, salah satunya. Well, ya sudah pasti sih, kalau masih gaji UMR, kamu mesti rajin berhemat kalau pengin investasinya lebih banyak.

Duh, bisa nggak ya? Bisa dong. Kamu pasti bisa menemukan banyak tip berhemat di luar sana. Tapi, coba deh, kamu fokus dulu ke latte factor.

Misalnya, biasanya kamu membeli makan di luar seharga Rp30.000 dalam satu kali makan, atau pesan via online gitu, siasati dengan memasak, membawa bekal jika keluar rumah atau membeli makanan yang lebih murah.

Kalau kamu merupakan perokok atau pecinta kopi, cobalah untuk menguranginya menjadi 2 hari sekali. Selain berhemat, secara tidak langsung kamu juga menyehatkan tubuh dan berinvestasi untuk kesehatan.

Ini berlaku juga untuk jenis pengeluaran lain. Potong setidaknya 10% dari total tiap pengeluaran. Misalnya biaya transportasi, biaya tempat tinggal, atau biaya gaya hidup. Penting untuk mengelola perilaku konsumtif agar gaji UMR kamu tidak habis sia-sia.

Usia Berapa Kita Bisa Bebas Finansial?

Cara Oke Menabung dengan Gaji UMR untuk Investasi

Selain memangkas pengeluaran, kamu masih bisa menabung yang aman tanpa menyiksa dengan gaji UMR. Agar menabung tidak dijadikan beban dan berakhir gagal, maka gunakanlah strategi yang tidak menyiksa batin dan dompetmu. Banyak cara menabung yang menyenangkan, misalnya dengan menabung mengikuti tanggal.

Kamu hanya perlu menyiapkan wadah atau celengan, lalu sisihkan uang berdasarkan tanggal hari ini. Misalnya, hari ini tanggal 19 maka masukkan uang sejumlah Rp19.000 ke celengan. Seterusnya, kamu hanya perlu memasukkan uang sesuai dengan tanggal.

Tapi, berarti kalau di tanggal 31, bakalan lebih berat dong. Kan, harus menyisihkan Rp31.000, paling gede di antara semuanya? Kalau begitu dibalik. Tanggal 1-nya, sisihkan Rp31.000. Tanggal 31-nya berarti “hanya” Rp1.000. Pas banget buat dompet tanggal tua kan?

Dengan metode menabung berdasarkan tanggal, jumlah uang yang akan terkumpul di akhir bulan bisa mencapai Rp496.000 per tanggal 31, atau Rp465.000 per tanggal 30.

Nah, ini sudah bisa jadi “modal” awal untuk investasi.

Sambil mengumpulkan dana investasi tersebut, persiapkan hal lain. Kamu bisa mulai dengan mempelajari seluk beluk risiko dan keuntungan investasi. Berikut dengan strategi apa yang akan kamu gunakan untuk meraup untung. Setelah dana terkumpul, jangan menunda dan segera lakukan investasi.

Gaji UMR dan Mau Investasi demi Masa Pensiun Sejahtera? Bisa!

Jenis Investasi untuk Kamu dengan Gaji UMR

Berinvestasi sekarang tak harus dengan modal besar. Salah satu yang sering digunakan saat ini adalah reksa dana. Dengan bermodal mulai dari Rp100.000 pun, keuntungan nya bisa mencapai jutaan. Tak kalah menggiurkan, investasi pada emas bisa dengan modal mulai dari Rp20.000 dengan keuntungan hingga jutaan seiring berjalannya waktu.

Memang tergantung horizon waktunya sih. Tapi memang begitulah inti investasi. Harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kita—bukan disesuaikan dengan hype yang ada di luar sana.

So, untuk menikmati keuntungannya, kamu harus mempelajari karakteristik investasi yang ada agar tidak salah memilih jangka waktu dan strateginya.

Ini dia 4 jenis investasi yang cocok buat kamu yang memiliki gaji UMR agar dapat tetap mempersiapkan dana pensiun dan merdeka finansial sepenuhnya.

Emas

Sudah tidak aneh melihat batangan logam mulia ini menjadi primadona untuk sumber investasi.

Emas jadi andalan investasi dari mulai anak muda generasi milenial, hingga orang tua. Jenis investasi ini dipercaya minim risiko, namun dapat memberi keuntungan melimpah, asalkan dimiliki dalam horizon waktu yang memadai.

Satu hal yang pasti harus dipahami, bahwa emas bukanlah jenis instrumen investasi jangka pendek. Tetapi, cukup menguntungkan jika dijadikan instrumen investasi untuk 5 tahun, atau lebih. Harga emas tidak senaik dan sestabil itu, karena sama seperti komoditi lain, emas tetap mengalami fluktuasi harga. Karenanya, kamu mesti tahu kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari emas.

Dengan dana hasil tabungan dan berhemat seperti yang dijelaskan di atas, kamu dapat membeli beberapa emas batangan. Kamu juga dapat mengikuti program tabungan emas yang ditawarkan beberapa instansi keuangan, seperti Pegadaian.

Reksa Dana

Jenis instrumen investasi ini belakangan banyak digemari kaum milenial. Reksa dana terbagi menjadi 4 jenis, yaitu reksa dana saham, pasar uang, pendapatan tetap, dan campuran. Keempatnya menawarkan return dan risiko yang berbeda.

Karena itu, penting untuk segera dipelajari sebelum kamu memutuskan berinvestasi reksa dana. Investasi dengan reksa dana dapat dilakukan dengan bujet Rp100.000 saja. So, sangat cocok untuk kamu yang punya gaji UMR.

Selain itu, reksa dana cocok banget buat pemula, karena dana investasi dikelola oleh manajer investasi. So, penting untuk memastikan manajer investasimu kompeten ya.

Kenali Apa itu Investasi Saham Aktif dan Pasif, dan Apa Bedanya?

Saham

Keuntungan yang cukup besar dapat diperoleh melalui investasi saham. Untuk masuk ke dalam dunia saham ini, kamu harus benar-benar memperhatikan dan memahami cara atau strategi bermainnya. Tapi, waktu untuk mempelajari saham akan sebanding dengan apa yang nantinya kamu peroleh.

Well ya of course, tergantung pada pemilihan sahammu juga sih.

Jenis investasi ini memang rentan dengan risiko yang besar. Jadi, selain belajar, kamu juga perlu mempersiapkan mental. Untuk mengelola risiko, kamu yang masih pemula atau hanya modal terbatas, bisa memilih saham-saham blue chip.

Tapi kan, harga saham blue chip mahal satu lotnya? Ya, memang. Namun, dengan perusahaan yang mapan dan jadi leader di marketnya, risiko akan lebih bisa terkontrol. Kalau misalnya modalnya belum cukup, kamu bisa berhemat dan menabung dengan cara yang sudah dijelaskan di atas. Lalu, untuk membantu mempercepat pengembangan modal, kamu bisa lanjutkan menabung dulu di reksa dana pasar uang. Baru kalau sudah mencapai target, kamu bisa mulai beli saham/

Peer to Peer Lending

Instrumen ini adalah yang paling “anak bawang”, tapi bukan berarti menawarkan return yang kecil lho!

Di sini, kamu sebagai investor atau lender, dapat meminjamkan sejumlah dana dengan ketentuan bunga yang disepakati. Peer to peer adalah salah satu platform fintech yang bisa menjadi salah satu solusi untuk menambah besaran investasi kamu. Cocok juga buat kamu yang punya gaji UMR. Pastikan, kamu mempelajari dulu cara kerjanya, dan hanya gunakan platform legal yang terdaftar dan berizin OJK ya.

Setiap jenis investasi punya risiko nya tersendiri. So, jangan hanya fokus pada keuntungan semata, tetapi pertimbangkan risiko yang bisa terjadi. Dengan penghasilan pas-pasan, kamu yang memiliki gaji UMR, tak perlu khawatir tidak bisa mencapai kebebasan finansial. Banyak cara dan jalan untuk mendapatkannya, salah satunya dengan berinvestasi.

So, happy investing!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.