Kebebasan Finansial

Investasi Bisnis untuk Kebebasan Finansial? Bisa Banget!

Mau bebas finansial? Pasti mau. Caranya gimana? Ada banyak cara! Salah satunya yang sering direkomendasikan adalah dengan investasi. Nah, selain investasi saham dan properti, kamu juga bisa meraih kebebasan finansial dengan investasi bisnis loh.

Yuk, kita lihat.

Bebas Finansial vs Kaya: Kamu Pilih yang Mana?

Investasi Bisnis? Seperti Apa?

Investasi, kalau di Kamus Besar Bahasa Indonesia, berarti penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Namun, pada praktiknya, investasi juga dapat diartikan tak hanya uang atau modal saja yang ditanamkan dan diharapkan dapat menghasilkan “buah” pada akhirnya, tetapi bisa juga berarti waktu, pikiran, dan tenaga, yang harapannya akan memberikan keuntungan juga buat kita pada akhirnya.

Inilah prinsip yang juga harus diingat, jika kamu ingin mencapai kebebasan finansial dengan investasi bisnis.

Ketika kita membangun bisnis, kita akan membuat persiapan yang sedemikian rupa. Bedanya, jika kamu hendak mencapai  kebebasan finansial melalui bisnis, maka ada baiknya kamu membuat persiapan sampai jangka panjang, hingga memastikan bisnismu bisa sustainable, dan dapat memberimu laba perusahaan, bahkan tanpa kamu banyak terlibat di dalamnya. Dengan demikian, kamu tak hanya harus punya strategi produksi, pemasaran, dan operasional, tetapi kamu juga harus punya strategi pengembangan dan pendelegasian bisnis pada orang-orang yang akan kamu rekrut untuk terlibat di dalamnya.

Nah, jelas kan, bedanya di mana dengan membangun bisnis biasa?

Selain itu, investasi bisnis juga berarti strategi pemanfaatan modal dan dana yang ada sekarang untuk bisa mendapatkan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar di masa yang akan datang. Dengan investasi bisnis yang cerdas, selain keuntungan, kamu pun bisa menaikkan value perusahaan. Bisnis bertahan lama, dan akhirnya berkembang menjadi besar.

So, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk investasi bisnis agar dapat mencapai kebebasan finansial dengannya.

Strategi Investasi Dollar Cost Averaging: Apa yang Perlu Kamu Tahu?

1. Tanam modal

Investasi bisnis dengan modal merupakan hal pertama yang harus dilakukan dulu. Ya, sudah pasti, kalau mau mobilnya bisa jalan, harus dikasih bensin dulu kan? Ini kita enggak bisa menutup mata. Dalam bisnis, modal pasti diperlukan dulu. Banyak atau sedikit, pasti ada, baik berupa dana ataupun barang dan sarana.

So, manfaatkan modal awal sebaik-baiknya, lalu keuntungan dari operasional bisnis, harus diinvestasikan untuk pengembangan bisnis lebih lanjut. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk memperluas pasar dengan menambah cabang baru di kota lain, atau jika berbisnis online, ya menambah lagi lapak online di beberapa situs ecommerce luar negeri. Bisa juga dengan menambah aset untuk memperbaiki produksi, jika kamu memproduksi sendiri produk jualanmu.

2. Pelihara dan kembangkan aset

Investasi bisnis pada aset juga merupakan hal yang sangat penting, kalau kamu mau meraih kebebasan finansial melalui bisnis.

Semakin banyak aset maka ini bisa jadi indikasi sekaligus sarana pengembangan bisnis yang semakin besar dan semakin lancar.

Misalnya saja, kamu punya bisnis konveksi. Sebelumnya kamu hanya punya 50 mesin jahit, dan sekarang kamu bisa membeli 50 mesin jahit tambahan lagi, sehingga kapasitas produksimu pun semakin besar.

Tentunya, hal ini harus dibarengi dengan strategi yang tepat, juga manajemen risiko yang bijak ya.

Investasi Bisnis untuk Kebebasan Finansial? Bisa Banget!

3. Sumber daya manusia

Sumber daya manusia merupakan salah satu aset paling penting dalam bisnis. Karenanya, investasikanlah pada karyawan yang berkompeten. Akan lebih baik, kamu membayar mahal mereka yang memang memiliki kualitas yang baik, ketimbang kamu membayar murah sumber daya yang kurang terampil.

Kamu harus berpikir jangka panjang untuk ini.

Sumber daya manusia yang tepat pengelolaannya nantinya akan menjadi “senjata”-mu untuk mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Hingga pada akhirnya, operasional bisnis pun bisa kamu delegasikan padanya, dan kamu bisa fokus pada big decisions saja.

Dengan demikian, kamu sudah separuh jalan mewujudkan bebas finansial melalui investasi bisnis.

4. Strategi marketing

Salah satu investasi bisnis yang tak kalah penting adalah investasi pada sisi marketing.

Agar bisnis bisa dipastikan berjalan dengan baik, maka kamu perlu menjaga pasar yang sudah ada, pun harus menerobos pasar yang baru. Marketing menjadi salah satu alat terpenting untuk itu.

Banyak strategi marketing yang bisa kamu pertimbangkan untuk dilakukan sekarang ini. Thank to technology, yang tadinya mustahil menjadi sangat mungkin dilakukan. Jadi, investasi bisnis di sisi teknologi juga penting, terutama untuk mengiringi marketing dan juga operasional bisnis pada umumnya.

Bagaimanapun, marketing secara digital merupakan strategi marketing yang paling terjangkau saat ini, dibandingkan dengan marketing konvensional. So, kamu bisa pertimbangkan untuk memaksimalkannya lebih dulu. Baru kemudian dipertimbangkan untuk melakukan juga strategi marketing yang lain.

Manfaatkan segala peluang yang mungkin muncul untuk kemajuan bisnis.

Telat Merencanakan Pensiun? Ini 5 Trik untuk Boost Dana Pensiun

5. Networking

Networking juga bisa menjadi salah satu investasi bisnis yang memperbesar peluang agar bisnis bisa berkembang lebih besar.

Hanya saja, lebih baik jangan berjejaring dengan sembarang orang. Ada baiknya, kamu pilih networkingmu dengan saksama. Untuk berjejaring dan kemudian membuahkan keuntungan, kamu harus banyak berinvestasi waktu dan pikiran. So, brace yourself ya.

Nah, itu dia beberapa strategi investasi bisnis yang harus kamu lakukan jika ingin mencapai kebebasan finansial melalui bisnis.

Lakukan semuanya secara bertahap. Fokus dan konsisten adalah koentji, ya kurang lebih sama dengan jenis investasi yang lainnya.

Gimana, siap dengan berinvestasi dalam bisnis?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.