Kebebasan Finansial

5 Kebiasaan yang Sebenarnya Sudah Menunjukkan Bahwa Kamu Menuju Kebebasan Finansial yang Sejati

Tip keuangan bisa kamu temukan di mana-mana. Apalagi yang bisa menunjukkan jalan pintas menuju kebebasan finansial.

Tapi ya, gimana ya? Statistik juga yang membuktikan, bahwa sebenarnya tingkat literasi finansial masyarakat kita itu memang belum begitu baik. Misalnya saja, di Amerika, rerata keluarga harus masih menanggung beban utang kartu kredit sampai dengan USD6.700.

Kondisi di Indonesia juga, apalagi. Setali tiga uang, atau malah lebih buruk lagi. Data dari Bank Indonesia menyebutkan, bahwa sebanyak 60% penduduk Indonesia telah terjerat utang. Data ini memang merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Bank Indonesia di tahun 2016 sih. Tetapi, melihat kondisi sekarang—banyak yang kehilangan pekerjaan, pandemi, terjadi resesi ekonomi, hingga maraknya kasus pinjol—rasanya angka 60% itu pasti juga tak bergerak terlalu banyak.

Kalau begini, wah, kapan ya kita bisa merasakan kebebasan finansial?

Sayangnya lagi, lebih banyak orang yang berpikir, bahwa punya lebih banyak uang adalah solusi untuk masalah ini. Ya, meski ada benarnya juga—kita realistis saja sih—tetapi sebenarnya hal lain.

Faktanya, yang terjerat utang itu tidak melulu mereka yang kekurangan. Bahkan lebih banyak yang terjerat utang, meskipun kebutuhan paling dasarnya bisa tercukupi secara finansial. Ini artinya sebenarnya mereka enggak kesulitan keuangan hingga meminjam, tetapi lebih banyak karena budaya konsumtif.

And so, kita enggak bisa menutup mata, bahwa untuk merasakan kebebasan finansial, langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dulu adalah menyesuaikan mindset. Jika mindset sudah sesuai, bisa jadi loh, sebagian dari kita sekarang sebenarnya sudah menjalani hidup yang bebas finansial. Hanya saja, kita masih belum kerasa aja.

Coba yuk, lihat beberapa hal yang sebenarnya merupakan kebiasaan yang biasa-biasa saja, tetapi sebenarnya menunjukkan bahwa kita sudah menuju kebebasan finansial yang sejati.

Kebiasaan untuk Kebebasan Finansial

Mau Bebas Finansial: Bayar Utang Dulu atau Investasi Dulu?

1. Punya rencana dan tujuan finansial yang realistis

Setiap orang bisa saja punya keinginan untuk memiliki uang yang banyak. Tapi, nggak semua orang memiliki rencana untuk mencapainya, pun tak punya rencana uangnya dipakai untuk apa.

Believe it or not, kalau kamu nggak punya cara untuk menuju ke suatu tempat, apakah kamu akan berangkat juga? Enggak kan, kayaknya? Kalau enggak berangkat, apakah kamu akan tiba di tempat tujuanmu? Enggak jugalah.

Terus, kalau sudah sampai di tempat tujuan, kamu enggak tahu mau ngapain, terus gimana dong? Cengok aja di situ? Mati gaya kan? Mendingan cabut ke tempat lain yang lebih menyenangkan.

Nah, dengan analogi di atas, kamu pasti sudah bisa menangkap maksudnya.

Punya tujuan untuk bisa merasakan kebebasan finansial, tapi nggak punya rencana mewujudkan sama saja mau pergi ke suatu tempat tapi nggak tahu caranya gimana untuk sampai ke sana. Sudah punya tujuan, sudah tahu cara sampainya ke tujuan, tapi di tujuan enggak tahu mau ngapain? Ya, persis kayak uang. Uang sudah di tangan tapi kita nggak tahu buat apa, ya uangnya lama-lama juga malas datang. Mendingan dia ke tempat lain yang jelas mau dipakai buat apa.

So, kalau kamu sekarang sudah terbiasa membuat tujuan dan rencana keuangan, bersyukurlah, karena ini artinya kamu sudah selangkah lebih maju untuk mencapai kebebasan finansialmu.

2. Investasi dan nabung rutin, tanpa pakai mikir lagi

Jika kamu sudah punya kebiasaan untuk investasi dan menabung rutin tanpa mikir lagi, maka hal tersebut sudah menggambarkan bahwa kamu memang ingin bebas finansial sesegera mungkin.

Pasalnya, inti dari bebas finansial—selain bebas utang—adalah mampu menghidupi diri dengan penghasilan pasif dari aset aktif. Salah satunya dengan investasi di berbagai instrumen yang memungkinkan kita bisa mendapatkan pemasukan secara rutin tanpa harus bekerja aktif.

Dengan investasi dan menabung rutin, maka asetmu akan berkembang seiring waktu, hingga akhirnya nanti cukup untuk memberimu pemasukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan tanpa kamu harus bekerja lagi.

Financial Freedom vs Financial Independence: Sama Atau Beda?

3. Enjoy kerjaan

Pada saatnya nanti, ketika kamu sudah bebas finansial, kamu akan menikmati hidup, termasuk ketika kamu memang masih ingin bekerja, maka orientasimu adalah pada kepuasan dan kebahagiaan. Bukan lagi untuk sekadar mengejar imbalan berupa uang.

Jika kamu sekarang  sudah mampu menikmati setiap pekerjaan yang kamu lakukan, menyelesaikannya dengan baik, dan memberikan hasil yang optimal juga, maka itu artinya kamu juga selangkah memasuki kondisi bebas finansial.

4. Rajin berbagi

Semakin sering kita berbagi dengan sesama tidak akan membuat kita menjadi kekurangan. Siapa nih yang setuju?

Memang bener kok, semakin kita sering berbagi—dalam bentuk apa pun—rezeki justru semakin mengalir pada kita. Jadi, jangan cegah diri sendiri yang ingin berbuat baik ya. Kebiasaan ini juga merefleksikan keinginan kuatmu untuk bisa merasakan kebebasan finansial sesegera  mungkin lo.

5 Kebiasaan yang Sebenarnya Sudah Menunjukkan Bahwa Kamu Menuju Kebebasan Finansial yang Sejati

5. Nggak kepinginan

Sudah dijelaskan di atas ya, bahwa banyak orang Indonesia yang terjerat utang sebenarnya tidak termasuk dalam golongan mereka yang mengalami kesulitan keuangan. Banyak dari mereka mampu memenuhi kebutuhan pokok, yang dengan demikian bisa disimpulkan bahwa sebagian besar dari mereka terjerat utang karena budaya konsumtif.

Budaya konsumtif kita rata-rata disebabkan karena kita menginginkan gaya hidup yang lebih daripada kemampuan. Media sosial bisa jadi salah satu pemicunya. Pada dasarnya, peer pressure memang nyata.

Tapi, sebenarnya hal ini bisa diatasi dari dalam diri kita sendiri. Ketika kita bisa memilah mana barang yang kita butuhkan, dan mana hal yang keinginan semata, maka kita akan dapat mengendalikan gaya hidup konsumtif ini. Jadi nggak kepinginan.

Dengan kebiasaan yang tidak konsumtif, kita pun bisa hidup minimalis, sesuai kemampuan finansial kita. Bahkan mungkin living below our means.

 

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang seharusnya sudah kamu miliki sekarang, jika kamu menginginkan kebebasan finansial bisa segera kamu rasakan.

Dari kelimanya, kebiasaan mana yang belum kamu punyai?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.