Kebebasan Finansial

Mau Keliling Dunia Saat Pensiun? Begini Cara Merencanakannya

Apa yang akan kamu lakukan ketika waktu pensiun tiba? Setelah mengerahkan tenaga bertahun-tahun untuk bekerja, bukankah ini kesempatan kamu untuk melakukan segala hal yang belum sempat terlaksana? So, mau istirahat saja di sebuah rumah di daerah yang tenang? Mimpi untuk tinggal di pulau pribadi? Atau, mau melakukan perjalanan panjang keliling dunia?

Yang mana aja boleh kok. Namanya juga mimpi, alias cita-cita. Lagi pula, di masa pensiun nanti, bukankah kamu sudah mencapai kebebasan finansial? Mana coba aminnya?

Nah, kalau mau keliling dunia, pastinya kamu harus siap dengan biayanya. Iya dong, pakai uang kan kalau kita jalan-jalan itu? Nggak mungkin pakai daun kelor.

Perlukah Tambahan Dana Pensiun Lain Apabila Sudah Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan?

Butuh Berapa untuk Melakukan Perjalanan Keliling Dunia?

Dari hasil penelusuran, perjalanan internasional selama satu minggu dapat menghabiskan biaya $5.000 atau lebih, untuk dua orang. Ya, pastinya maunya sih ya jalan-jalannya sama si soulmate kan? Kecuali kalau memang berencana mau stay single forever, ya enggak masalah. Tinggal dikurangi aja sesuai kondisi.

Nah, kalau berencana tinggal di luar negeri lebih lama dari itu, pastinya ya harus mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkanya. Apalagi yang namanya keliling dunia kayaknya memang bakalan butuh lebih dari satu minggu deh. Secara, pastinya kamu akan jadi slow traveler kan?

Kalau pengin menginap di hotel kelas atas di benua Eropa atau Amerika Utara, kamu akan memerlukan rekening bank yang besar sebelum berangkat. Ya kalau mau tinggal di akomodasi sederhana seperti hostel, motel murah, apartemen sewaan, atau perkemahan, biaya yang dikeluarkan pastinya akan lebih murah. Tapi, kalau sudah masuk usia pensiun, pastinya pengin yang nyaman dong ya. Rasanya akan lebih sulit kalau harus ala-ala backpackeran.

Well, ya kalau mau sedikit berhemat, bisa sih memilih untuk mengunjungi negara-negara yang dekat saja, misalnya yang sama-sama di benua Asia, atau di Asia Tenggara. Kamu dapat bepergian hanya dengan beberapa dolar per hari.

So, kalau kamu memang punya rencana pensiun untuk keliling dunia, maka ada baiknya kamu segera membuat rencana dana pensiun yang dibutuhkan. Dengan begitu, kamu akan dapat menilai berapa banyak yang dapat dianggarkan untuk pengeluaran saat bepergian.

Nah, lalu balik lagi ke pertanyaan: bisa nggak ya, pensiun dengan keliling dunia? Jawabannya, ya bisa saja. Asalkan kamu punya strategi perencanaan dana pensiun yang matang dan komprehensif.

Mau Keliling Dunia Saat Pensiun? Begini Cara Merencanakannya

Merencanakan Pensiun Keliling Dunia

Pertimbangkan Pengeluaran Sehari-hari

Sebelum fokus traveling, pertimbangkan dulu kesiapan kamu untuk mengatur pengeluaran sehari-hari di masa pensiun. Semakin banyak kamu menabung untuk masa pensiun, semakin banyak kelonggaran yang bisa kamu dapatkan untuk merencanakan pengeluaran perjalanan.

Dengan berhemat sekarang dan disiplin menabung serta berinvestasi untuk dana pensiun, akan lebih mudah untuk membuat rancangan anggaran perjalanan nantinya.

Buat Rencana Perjalanan

Jadi, mau ke mana saja? Keliling dunia bukan berarti tanpa tujuan kan? Dan, kamu bisa membuat rencana yang baik jika kamu sudah punya tujuan.

Jadi, tentukan dulu, kamu mau pensiun di mana saja?

Mungkin memang masa pensiun kamu masih jauh, tetapi jangan tunda untuk membuat rencananya. Menjalaninya sih masih besok-besok, tapi kesempatan mengumpulkan uangnya tidak bisa ditunda lagi. Dan, kamu bisa fokus mengumpulkan uang kalau kamu sudah tahu, berapa kebutuhanmu.

Jadi, mulailah dari membuat rencana perjalanan; buat daftar negara yang pengin kamu kunjungi, dan terutama, biaya akomodasi dan transportasinya.

5 Kebiasaan yang Sebenarnya Sudah Menunjukkan Bahwa Kamu Menuju Kebebasan Finansial yang Sejati

Mulai Buat Rencana Dana Pensiun Sekarang

Kapan waktu terbaik untuk mulai merencanakan dana pensiun? 10 tahun yang lalu!

Waduh, telat dong! Enggak juga. Karena waktu terbaik kedua untuk mulai merencanakan pensiun adalah sekarang!

Jadi, kalau kamu punya rencana untuk keliling dunia saat sudah pensiun nanti, maka buatlah rencana yang komprehensif sekarang. Mulailah dengan memproyeksikan apa saja kebutuhanmu, saat kamu memasuki usia pensiun nanti.

Kalau mau menghabiskan waktu pensiun dengan keliling dunia, sudah pasti kebutuhanmu akan sedikit berbeda. Mungkin kamu memang enggak perlu rumah. Apartemen kecil saja sudah cukup, sebagai “tempat pulang”.

Kamu akan lebih butuh cash untuk traveling, ya kan? Tentukan media simpannya, misalnya dalam bentuk aset-aset yang mudah kamu cairkan di mana saja. Punya tabungan valuta asing, mungkin akan lebih cocok. Begitu juga dengan deposito valas.

Adalah penting untuk membuat dana terpisah untuk perjalanan pensiun. Tentukan berapa banyak perjalanan yang pengin kamu lakukan hingga kebutuhan untuk melakukannya.

Pertimbangkan instrumen-instrumen investasi yang pengin kamu manfaatkan. Ingat, kebutuhanmu akan berbeda dengan orang lain, jadi tak perlu membandingkannya.

Jangan Lewatkan Asuransi

Baik asuransi perjalanan maupun asuransi kesehatan internasional adalah investasi penting yang harus dilakukan oleh para traveler senior.

So, ke mana pun kamu pergi, pastikan dirimu terlindungi dengan baik. Pilihlah asuransi kesehatan yang dapat berlaku secara global.

Untuk mengatasi adanya masalah kesehatan, program asuransi perjalanan yang baik untuk pensiunan akan membantu untuk segera ke ruang gawat darurat atau penyedia perawatan medis dengan cepat, menyediakan evakuasi darurat sesuai dengan kondisi atau situasi medis, dan menawarkan pertanggungan yang sesuai dengan minimal persyaratan persetujuan.

Pastikan asuransi yang kamu pilih sudah meng-cover semuanya, dan dapat diklaim dari luar negeri.

Sewa Rumah vs Kamar Hotel

Menyewa rumah bisa jadi salah satu alternatif cara untuk lebih menghemat biaya dan lebih nyaman juga.

Kamu juga dapat melakukan perjalanan lebih santai dan tinggal lebih lama, karena banyak perusahaan persewaan liburan, seperti AirBnB, akan menawarkan diskon bulanan untuk pemesanan dalam jangka waktu yang panjang. Menyewa rumah membuat kamu juga lebih menikmati perjalanan dengan tempat peristirahatan yang nyaman dan tenang karena suasana rumahan.

7 Tahap Bebas Finansial – Kamu Sudah Sampai Mana?

Jangan Sendirian

Well, meski kita adalah pensiunan mandiri yang sejahtera, sebaiknya sih ya jangan traveling sendirian.

Selalu lebih menyenangkan untuk mengalami matahari terbenam yang menakjubkan bersama orang-orang yang kamu cintai, bukan?

So, pastikan melakukan perjalanan bersama teman, atau keluarga dan saudara. Atau, bisa juga ikut program traveling berkelompok.

Nah, tentunya keputusan untuk menghabiskan masa pensiun kamu dengan bepergian keliling dunia bukanlah keputusan yang bisa dianggap enteng. Pastikan untuk memberi diri kamu waktu untuk mempertimbangkan setiap sudut dan sisi demi mengelola berbagai risiko yang bisa terjadi.

Setelah membaca artikel ini, PR kamu banyak kalau memang pengin menghabiskan masa pensiun dengan keliling dunia. So, take your time, dan buat rencana yang sekomprehensif mungkin.

Selamat bersenang-senang!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.