Kebebasan Finansial

Robert Kiyosaki dan 10 Tip Mencapai Kebebasan Finansial

Robert Kiyosaki mengajarkan kita semua tentang seberapa penting pengelolaan uang untuk meraih kebebasan finansial. Yes, seiring bertambahnya usia, kamu pasti ingin segera merasakan bebas finansial, bukan?

Kebebasan finansial bukan hanya tentang menjadi kaya saja. Kondisi ini lebih mengarahkan kamu untuk menikmati hidup yang cukup namun tanpa beban keuangan. Kamu tak perlu khawatir dengan ancaman kehabisan uang dan lainnya.

Namun, untuk mencapai titik itu, kamu harus sebisa mungkin mengerahkan energi untuk bekerja. Eits, selain bekerja pengelolaan keuangan juga penting untuk membantumu raih kebebasan finansial. Itulah yang dilakukan dan disarankan oleh Robert Kiyosaki.

Robert Kiyosaki dan 10 Tip Mencapai Kebebasan Finansial
Sumber foto: hibandigital.com

Siapa Robert Kiyosaki?

Robert Kiyosaki adalah salah satu nama paling terkenal dalam pengelolaan keuangan. Hal ini sebagian besar karena keberhasilan buku terlarisnya “Rich Dad Poor Dad.” Selain penulis, ia juga seorang investor, pengusaha, dan motivator ternama.

Rich Dad Poor Dad merupakan salah satu buku dari 15 buku yang ia tulis, dan menjadi buku best seller yang diakui dunia. Dalam buku ini, Kiyosaki memberikan kunci rahasia untuk mencapai kebebasan finansial. Tak kaleng-kaleng, bukunya ini ditulis berdasarkan pengalaman langsung selama ia berkarier. Jadi, bukan omong doang ya.

Kamu pengin mengikuti jejaknya? Berikut ini semacam summary tentang apa saja yang dibahas oleh Robert Kiyosaki untuk bisa mencapai kebebasan finansial.

Pensiun Dini di Usia 40 Tahun? Ini Strateginya!

Berikut 10 Kunci Kebebasan Finansial ala Robert Kiyosaki

Kebebasan finansial adalah salah satu tujuan keuangan terbesar yang (seharusnya) menjadi prioritas hidup kita. Demikian menurut Robert Kiyosaki.

Saat sudah mencapai bebas finansial, kita nggak perlu lagi mengkhawatirkan masalah keuangan dalam menjalani hidup. Niqmat mana lagi yang mesti didustakan, ya kan?

Oleh karena itu, mendidik diri sendiri tentang pentingnya kebebasan finansial berikut tahu dan melakukan cara untuk mencapainya sangatlah penting.

Terima Tanggung Jawab Penuh

Setiap pilihan yang kamu buat memiliki konsekuensinya sendiri. Oleh karena itu, kamu harus menerima tanggung jawab penuh untuk mengamankan masa depan keuangan.

Setiap keputusan dan pilihan yang kamu buat hari ini akan berdampak pada kehidupan di esok hari. Maka penting untuk mengevaluasi semua keputusan keuangan, pembelian, dan pengeluaran dalam konteks tujuan keuangan jangka panjang.

Memantau Pengeluaran

Kita hidup di dunia yang sangat konsumtif. Rasa-rasanya, setiap saat tuh kita dipaksa untuk membelanjakan uang secara terus-menerus. Coba setiap kali scroll Instagram, berapa kali ada iklan produk ikut dilewati? Belum lagi kalau kita mengunjungi website tertentu, pasti akan selalu ada iklan di sana-sini.

Kalau misalnya lagi jalan-jalan offline? Wah, banyak banget baliho iklan di jalan juga kan?

Emang kok, kita tuh terpapar iklan banget. Disuruh belanja mulu.

Ya, belanja sih enggak salah. Namun, kebiasaan belanja impulsif dan konsumtif tanpa bijak, itulah alasan utama mengapa kamu tidak akan dapat mengamankan masa depan keuangan dengan mudah.

Lacak setiap pengeluaran dan pikirkan dua kali sebelum melakukan pembelian apa pun. Mungkin awalnya akan terasa sulit, terutama jika kamu sulit mengendalikan diri. Tetapi jika kamu belajar bagaimana mengelola pengeluaran, maka kamu selangkah lebih maju untuk mencapai kebebasan finansial.

Begini Caranya Mengelola Keuangan Jika Nanti Kamu Sudah Pensiun

Merencanakan Anggaran Keuangan

Membuat anggaran keuangan merupakan langkah yang sangat penting yang pertama kali harus dilakukan untuk mencapai kebebasan finansial dalam hidup. Anggaran membantu kamu untuk mengelola pendapatan dan mengendalikan pengeluaran.

Singkatnya, anggaran memberikan rasa tanggung jawab. Mau bebas finansial, maka sebaiknya awalilah dari membuat anggaran yang benar. Setelah memiliki anggaran, kamu juga harus memiliki komitmen tinggi.

Menabung

Pastikan kamu tidak bekerja hanya untuk membayar cicilan, atau tagihan saja. Kamu juga perlu menyisihkan uang untuk menabung dari sebagian pendapatan kamu. Ini penting untuk masa depan keuangan kamu. Kamu harus prioritaskan pendapatan untuk menabung.

Dengan melakukan ini, kamu akan mencapai dua hal, pertama kamu membuat diri sendiri lebih kaya, dan kamu berhenti menjadi miskin. Dengan uang ini juga, kamu bisa mulai membangun portofolio investasi kamu.

Selesaikan Utang

Utang adalah salah satu penyebab utama ketidakamanan finansial dalam kehidupan banyak orang. Ini hanya akan memakan dirimu dari dalam; kamu bisa terancam tak dapat wujudkan impian, harapan, dan tujuan hidup.

Utang bisa membuat kamu kehilangan masa depan yang bahagia. Terutama untuk utang yang kamu buat tanpa perhitungan dan pertimbangan yang matang.

Untuk bisa bebas finansial, kamu perlu untuk bebas dari utang dulu. Buatlah hidup bebas utang sebagai passion jika ingin mencapai kebebasan finansial.

Robert Kiyosaki dan 10 Tip Mencapai Kebebasan Finansial
sumber: Inspirational Stories

Siapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang dapat kamu manfaatkan ketika kamu perlu menutupi pengeluaran tak terduga dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya seperti perbaikan alat-alat yang rusak, biaya pengobatan, perlu membantu keluarga yang kesusahan, dan keadaan darurat lainnya.

Memiliki dana darurat sangat penting untuk memastikan bahwa kamu tidak berutang ketika situasi mendesak muncul. Memastikan bahwa biaya hidup aman akan ditanggung dan akan memberi ketenangan pikiran.

Salah satu cara terbaik untuk memiliki dana darurat adalah dengan membuat rekening bank alternatif dan mulai menabung sekarang untuk  memenuhi dana darurat ideal kamu.

Terus Belajar

Mendidik diri sendiri tentang masalah keuangan secara teratur juga harus menjadi prioritas utama. Seperti kata Warren Buffet, bahwa investasi terbaik adalah investasi pada diri sendiri.

Saat ini, ada banyak sumber untuk memperbarui pengetahuan tentang industri keuangan dan cara kerjanya.  Misalnya, kamu dapat membaca tentang investasi, cash flow, dan sejenisnya. Sesuaikan dengan minatmu. Banyak hal keuangan lainnya yang bisa kamu pelajari secara berurutan, sehingga akan dapat meningkatkan literasi keuangan secara keseluruhan.

Memiliki Tujuan Keuangan yang Jelas dan Ringkas

Jika kamu tidak memiliki tujuan keuangan yang jelas, akan sangat sulit untuk mengamankan keuangan. Misalnya kamu ingin membangun bisnis, bangun perlahan dengan memulai usaha kecil dulu.

Atau jika kamu ingin menjadi investor, belajarlah untuk memilih peluang yang tepat dan segera ambil jika tersedia. Saat kamu memiliki tujuan keuangan yang jelas, kamu akan dapat mengenali potensi yang ada.

Ingin Segera Pensiun Dini? Ada Kelebihan dan Risikonya Loh!

Bangun Passive Income

Kebebasan finansial is about bisa santai, dan tak perlu khawatir lagi tanpa pemasukan. Di sinilah passive income dibutuhkan.

Ada banyak cara untuk membangun passive income, mulai dari paper asset, real asset, hingga bisnis.

Intinya, temukan cara agar bisa terus menghasilkan walaupun saat itu kamu tertidur atau justru berkeliling dunia.

Sederhanakan Gaya Hidup

Mengejar uang dan tujuan keuangan akan mengalihkan perhatian kamu dari hal-hal yang sangat penting dalam hidup.

Akibatnya, kamu akan mulai kehilangan motivasi dan mudah terpuruk. Maka, sederhanakan hidupmu dengan membebaskan pikiran dari semua keinginan yang tak bermanfaat.

Demikian kiat sukses meraih kebebasan finansial yang disampaikan Robert Kiyosaki dalam buku terbaiknya. Semoga ini membantu kamu meraih tujuan hidup yang nyaman tanpa beban finansial.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.