Obligasi

SBR011 dengan Kupon Floating with Floor: Apa Sih Keuntungannya?

Tanggal 25 Mei kemarin, pemerintah Indonesia menawarkan kembali salah satu seri Surat Berharga Negara (SBN) yang ketiga di tahun 2022 ini, yaitu seri SBR011. Saving Bond Ritel ini merupakan instrumen pemerintah yang dijual secara online, sehingga mudah banget untuk melakukan pembelian. Kamu bisa memesannya dalam masa penawaran yang akan berakhir 16 Juni 2022 mendatang di aplikasi Bibit dengan mudah loh!

Dalam dokumen Memorandum Informasi yang dirilis dan bisa juga kamu akses dengan bebas, Kementerian Keuangan menyebutkan bahwa Surat Berharga Negara seri SBR011 ini merupakan instrumen yang relatif sangat rendah risiko, karena pembayaran kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang Surat Utang Negara, dan dananya sudah disediakan dalam APBN setiap tahunnya. So, ini instrumen yang legit banget buat kamu yang mencari instrumen nyaman yang rendah risiko, dengan kupon yang dibayarkan setiap bulan.

Menarik? Jelas!

Padahal enggak cuma itu saja loh, keuntungannya! 

obligasi pemerintah

Apa Sih yang Membuat Seri SBR011 Lebih Spesial?

Seperti yang sudah disebutkan dalam dokumennya, kupon seri SBR011 ditetapkan oleh pemerintah sebesar 5.50%, dengan spread 200 bps, dengan pajak 10%. Besaran kupon ini lebih tinggi daripada seri SBR010 sebelumnya, yang “hanya” 5.10%.

Ada satu hal yang juga menjadi pembeda seri SBR011 dengan ORI dan Sukuk Ritel, dan harus kamu garis bawahi di sini, yaitu kupon ini merupakan kupon floating with floor, atau mengambang dengan batas minimal.

Maksudnya gimana tuh?

Sifat kupon ORI dan SukRi adalah tetap, atau fixed rate. Artinya, jika Bank Indonesia menurunkan ataupun menaikkan suku bunga 7 Day Reverse Repo Rate (BI 7-DRR) yang dilakukan 3 bulan sekali, maka besaran kuponnya ya tetap, tidak akan berubah. Jika sudah ditetapkan 5%, misalnya, maka jika terjadi naik turunnya suku bunga acuan BI, besarannya akan tetap 5%.

Hal ini berbeda dengan kupon mengambang dengan batas minimal yang ditawarkan oleh seri SBR011 ini. Kupon mengambang artinya besarnya kupon SBR akan disesuaikan dengan naiknya suku bunga BI-7DRR. Namun, jika bunga BI-7DRR turun, maka besarnya kupon SBR011 tidak akan turun lebih rendah daripada 5.50%, sesuai ketentuannya.

Simulasi Kupon Seri SBR011

Dalam laman slide presentasinya, Kementerian Keuangan juga sudah memperlihatkan simulasi pembayaran kupon untuk investasi dengan besaran tertentu. Kamu juga bisa mengaksesnya melalui link yang sudah ditautkan.

SBR011 1

Jadi, kamu bisa langsung lihat, kalau kamu berinvestasi Rp1 juta, maka setiap bulan kamu akan menerima kupon sebesar Rp4.125, setelah dipotong pajak. Jika kamu berinvestasi Rp100 juta, maka setiap bulannya kupon akan ditransfer sebesar Rp412.470. Kalau kamu investasi Rp2 miliar, maka kupon bersih yang akan kamu terima sebesar Rp8.249.400 per bulan.

Duh, ngalah-ngalahin UMR Jakarta yak? Ya, makanya, investasi yang banyak, biar dapat kuponnya juga mantap. Kalau kayak gini, kita enggak usah kerja sampai SBR011 jatuh tempo di Juni 2024 juga bisa dong hidup ya? Cuma ya gitu, modalnya Rp2 miliar.

Terus, kalau misalnya, ternyata suku bunga acuan Bank Indonesia naik di tengah jalan, ngitungnya gimana dong?

Misalnya, kamu investasi Rp100 juta. Dan ternyata, di bulan kesekian, suku bunga acuan BI naik menjadi 4%, dari 3.5%. Artinya, ini naik 0.5%. Maka dengan kupon floating with floor-nya, kupon SBR011 juga naik menjadi 6%, dari 5.50%. Dengan demikian, perhitungannya sebagai berikut, dengan mengambil contoh investasi Rp100 juta.

Kupon per tahun:

Rp100.000.000 x 6% = Rp6.000.000

Per bulannya akan diterimakan = Rp6.000.000 : 12 = Rp500.000

Pajak per bulan = Rp500.000 x 10% = Rp50.000

Kupon bersih yang diterima setiap bulan = Rp500.000 – Rp50.000 = Rp450.000

Nah, jadi lebih banyak kan, kuponnya. Seperti ini juga perhitungannya kalau suku bunga acuan BI naik 1%, 2%, dan seterusnya. Sama juga perhitungannya jika turun, tetapi kalau lebih rendah daripada 3.50% maka kamu akan tetap menerima kupon keuntungan sebesar 5.50%.

Besaran 5.50% adalah batas minimal kupon yang bisa kamu terima.

SBR011 dengan Kupon Floating with Floor: Apa Sih Maksudnya?

Keuntungan Lain Seri SBR011

Tak hanya pada kupon floating with floor, Surat Berharga Negara SBR011 juga memiliki sejumlah keuntungan lainnya:

  • Kupon yang ditawarkan dengan skema floating with floor ini lebih tinggi daripada bunga deposito BUMN, dan berkesempatan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.
  • Terdapat fasilitas early redemption, yaitu fasilitas yang memungkinkan investor untuk mencairkan investasinya sebelum jatuh tempo, tetapi setelah melampaui holding period. Untuk seri SBR011 ini, kamu bisa melakukannya pada 26 Juni – 4 Juli 2023, dengan jumlah maksimal 50% dari investasi, dan hanya untuk investor yang berinvestasi minimal Rp2 juta.
  • Dijamin pengembalian pokok dan pembayaran kuponnya. Dalam sejarah, belum pernah pemerintah Indonesia mengalami gagal bayar surat utang kepada masyarakat.
  • Bisa jadi passive income kamu, karena pembayaran kupon dilakukan setiap bulan, dan langsung ditransfer ke rekening pribadimu.
  • Kamu berkesempatan untuk ikut ambil bagian dalam upaya pembangunan dan pengembangan negara.
  • Pemesanannya gampang banget, bisa dilakukan secara online, yang akan kita bahas di bawah ini.

Cara Memesan Surat Berharga Negara Seri SBR011

Untuk memesan SBN seri SBR011 ini gampang banget, kamu tinggal menghubungi mitra distribusi yang sudah ditunjuk oleh pemerintah. Salah satunya adalah Bibit.

SBR011 2

Langkah pemesanannya:

  1. Lakukan registrasi melalui aplikasi Bibit untuk mendapatkan SID (Single Investor Identification). Jika kamu sudah pernah berinvestasi SBN sebelumnya di Bibit, langkah ini bisa diskip, dan langsung melakukan pemesanan.
  2. Lakukan pemesanan pada menu Surat Berharga Negara di aplikasi Bibit, dan pilih SBR011. Masukkan nominal dana yang ingin kamu investasikan, dengan kelipatan Rp1 juta.
  3. Cek lagi detail pemesanannya, lalu klik tombol Konfirmasi
  4. Lakukan pembayaran, bisa melalui ATM, mobile banking, internet banking, sampai kantor pos.
  5. Tunggu konfirmasi di email atau SMS kamu.

So, gimana nih? Pastinya kamu tertarik ya, untuk ikut berinvestasi di Surat Berharga Negara seri SBR011?

Jangan sampai ketinggalan, segera download aplikasi Bibit, dan segera pesan SBR011 kamu, masa penawarannya hanya sampai 16 Juni 2022, soalnya. 

Happy investing, fellas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.