Kebebasan Finansial

7 Cara Cepat Bebas Utang Demi Segera Bebas Finansial

Memiliki utang sebenarnya tidak masalah, karena kebutuhan tiap orang kan berbeda-beda, asalkan bisa menyisihkan dana agar tidak terjadi telat bayar maupun gagal bayar. Namun, untuk mencapai tahapan bebas finansial, bebas utang ini bisa dibilang merupakan syarat mutlak.

Bener, nggak ada yang melarangmu memiliki utang. Bisa saja kamu lagi dalam keadaan terdesak dan uang yang ada di tabungan tidak mencukupi. Jalan satu-satunya adalah utang. Salah satu media yang cocok untuk meminjam dana alias berutang lembaga keuangan seperti P2P Lending, terutama buat kita yang kebutuhan utang enggak banyak, pun malas berurusan dengan birokrasi perbankan yang rada rumit. Apalagi fintech zaman sekarang menawarkan berbagai kemudahan, termasuk proses yang mudah dan cepat cair. Ya, asal nggak meminjam dana ke pinjol ilegal saja.

Bicara tentang pinjol ilegal, tak bisa dimungkiri, kalau kita lagi keadaan terdesak dan nggak bisa mikir, sering kali kita jadi hilan akal, hingga akhirnya mengambil keputusan meminjam dana ke mereka. Sayangnya, alih-alih memberikan bantuan dana cepat tapi justru menjadi bumerang bagi peminjam dana. Bunga yang mencekik, cara penagihan yang melewati batas, adalah beberapa hal yang membuat peminjam dana terganggu.

Oleh karena itu, penting banget bagi kita untuk memiliki literasi keuangan yang baik, agar tahu ke mana sebaiknya meminjam dana. Meminjam dana ke lembaga keuangan legal setidaknya membuat kita merasa nyaman karena dana yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan, dan juga ada aturan yang mengikat dua belah pihak.

Ngomongin soal utang, mari kita lihat dulu beberapa jenis utang yang sering dilakukan oleh masyarakat.

Usia Berapa Kita Bisa Bebas Finansial?

Jenis-jenis Utang

Utang nggak selamanya menimbulkan efek buruk. Apabila kamu bisa mengelolanya dengan baik dan punya tujuan jelas, tentunya kamu akan bisa bebas utang dengan cepat. Sekelas perusahaan besar saja memiliki utang dalam mengembangkan usahanya.

Ada juga orang yang melakukan utang demi kebutuhan gaya hidup. Ini yang sebisa mungkin dihindari. Di artikel sebelumnya sudah dibahas lengkap tentang mengatasi utang konsumtif untuk mencapai fase bebas finansial. Jadi, kamu bisa membacanya untuk menambah pengetahuan.

1. Utang dengan Jangka Waktu pendek

Biasanya batas waktunya satu tahun atau kurang. Karena tenor pendek, maka imbasnya cicilannya pun agak sedikit besar. Selain itu, biasanya limit yang diberikan juga enggak terlalu tinggi.

Utang seperti inilah yang biasanya ditawarkan oleh beberapa fintech pendanaan. Ya, termasuk pinjol abal-abal alias si rentenir online itu.

Berhati-hatilah jika kamu berencana untuk meminjam dana dalam waktu pendek ini. Meski pendek, perhatikan bunga yang berlaku. Biasanya juga akan menyesuaikan. Hal inilah yang sering menjebak orang. Karena waktu singkat, jadi abai akan syarat dan ketentuan.

2. Utang dengan Jangka Waktu Panjang

Punya tenor yang cukup lama, biasanya lebih dari 10 tahun. Nominalnya biasanya juga besar, tetapi bunga pada umumnya akan bersaing. Karena cukup lama dan juga bernominal besar, maka biasanya dibayar kembali dengan skema cicilan. Contoh dari jenis utang ini adalah KPR, yang biasanya memiliki tenor sedikitnya lima belas tahun atau dua puluh tahun.

Nah, utang jangka pendek maupun panjang, ya tetep harus dikembalikan. Selama  kamu masih memiliki kewajiban pembayaran kembali utang, jenis apa pun dan pada pihak mana pun, maka kebebasan finansial belum akan bisa kamu dapatkan.

So, bagi kamu yang memiliki utang dan pengin mencapai tahapan bebas finansial, berikut ini cara bebas utang yang bisa kamu usahakan.

Arus Kas Positif sebagai Langkah Awal untuk Bebas Finansial

Cara Bebas Utang demi Segera Bebas Finansial

1. Buat List Riwayat Utang

Buatlah list berapa jumlah total utang yang kamu miliki, termasuk utang konsumtif maupun produktif. KPR, kredit kendaraan, utang ke fintech, utang panci, dan sebagainya.

Lalu, cermati kapan jatuh tempo masing-masing. Kalau pembayarannya dengan cara dicicil, masukkan detail besaran cicilan, total utang, sisa utang, dan jangka waktu.

2. Bayar yang Paling Urgent

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk segera bebas utang:

  • Melunasi seluruhnya
  • Melunasi dengan memulai dari besaran yang paling besar karena biasanya utang dengan nominal besar, bunganya pun besar
  • Jika kamu meminjam di lembaga legal dan tidak legal (pinjol ilegal atau ke teman, keluarga), prioritaskan lunasi yang lembaga legal, ini terkait dengan data kamu di SLIK, jaga agar tetap bagus.
  • Bayar yang paling urgent, misalnya utang kartu kredit yang udah ditagih atau utang teman yang tiap hari nagih ke kamu.

3. Carilah Pekerjaan Sampingan

Sekarang ini teknologi sungguh sangat membantu. Kamu punya skill maka kembangkan dan hasilkan uang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan kok untuk mendapatkan pekerjaan sampingan dengan skill yang dimiliki seperti membuat kelas online, buka jasa foto produk, menjadi Youtuber, menjual hasil kerajinan tangan dan lain sebagainya.

Semua kembali lagi ke kamu, mau memulai apa nggak? Mediumnya sudah banyak lho yang mendukung kamu untuk menyalurkan skill.

7 Cara Cepat Bebas Utang Demi Segera Bebas Finansial

4. Rem Pengeluaran yang Tidak Penting

Gaya hidup sekarang ini turut berpengaruh menciptakan kebocoran dalam keuangan. Contohnya, malas makan masakan Ibu, memilih untuk jajan di aplikasi delivery online. Kalau kamu lakuin tiga kali dalam seminggu ya bisa bablas keuanganmu.

Kalaupun pengin jajan, baiknya nggak tiap hari minimal sekali seminggu tapi dengan catatan kamu sudah punya dana khusus ya.

5. Menjual Barang

Kamu punya barang yang tidak digunakan tapi masih layak dipakai? Nggak usah malu untuk bikin garage sale. Kamu bisa memasarkannya di Instagram atau Facebook. Banyak lho yang mau membeli asalkan barangnya sekali lagi layak dipakai.

Atau kamu punya aset seperti tanah, bisa juga dijual untuk bisa bebas utang.

6. Buat Catatan Keuangan

Ini adalah momok bagi tiap orang. Rasanya ngeri-ngeri sedap membuat catatan keuangan untuk pribadi. Tapi justru dengan adanya catatan keuangan ini, kamu bisa mengelola keuangan lebih baik lagi. Kamu bisa ngecek mana saja pengeluaran yang tidak penting sehingga bisa menekannya di bulan berikut.

Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

7. Pikir Lagi Kalau Mau Utang Baru

Jangan mau menyusahkan diri dan juga keluarga dengan membuat utang baru agar bebas utang. Duh, sebaiknya dihindari ya. Karena nantinya kamu akan hidup dikelilingi utang demi utang, ujungnya akan berdampak ke kesehatan mental.

Kalaupun kamu terpaksa harus melakukan utang karena kebutuhan terdesak, diskusikan dengan pasangan, coba cek lagi sumber keuangan apakah mencukupi atau tidak untuk membayar cicilan.

Cara-cara di atas adalah jalan terbaik bagi kamu untuk bisa bebas utang secepatnya. Namun perlu juga diingat, untuk disiplinkan diri dalam menerapkan semuanya sampai utangnya lunas. Jangan pernah lari dari tanggung jawab dalam membayar utang, karena kamu akan hidup dengan perasaan yang tidak nyaman.

Bebas finansial sekarang ini bukanlah seperti fatamorgana, kita semua bisa mencapainya dengan tekad dan disiplin yang kuat. Yuk bisa yuk bebas utang agar mencapai fase bebas finansial yang diinginkan oleh semua orang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.