Kebebasan Finansial

Sebagai Sumber Passive Income, Jenis Properti Apa yang Berprospek Cerah di Tahun 2021 – 2022?

Bisnis properti adalah salah satu instrumen investasi yang legit. Menjalani bisnis ini bisa dijadikan sebagai sumber passive income di mana kamu nggak perlu repot untuk melakukan banyak hal. Tapi, sebelum kamu mendulang cuan rutin sebagai pemilik properti, kamu mesti merogoh kocek yang lumayan untuk membangun atau membeli properti tersebut.

Mendapatkan keuntungan dari bisnis properti sangat menggiurkan. Pasalnya, jenis properti ada banyak macam dan memiliki potensi tinggi terus meningkat nilainya dari tahun ke tahun. Jadi, nggak heran yes kalau ada orang yang memilih investasi properti itu banyak uang.

Walaupun menawarkan keuntungan yang legit, sayangnya masih banyak yang tidak tertarik untuk terjun ke bisnis ini karena terkendala dengan modal.

Iya sih, nggak bisa dipungkiri harga properti skala kota besar seperti Jakarta saja harganya bikin lemes. Apalagi kalau mesti beberapa jenis properti untuk diinvestasikan. Duh, duit terasa nggak cukup. Inilah yang membuat banyak orang mundur teratur sebelum memulai investasi properti.

7 Tahap Bebas Finansial – Kamu Sudah Sampai Mana?

Peluang Bisnis Properti Sebagai Sumber Passive Income

Apapun profesinya, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadikan bisnis properti sebagai sumber passive income. Memang sih harganya bikin jiper ya, tapi masih banyak cara kok untuk bisa memiliki properti seperti mengikuti properti crowdfunding atau bisa menjadi perantara yang menghubungkan pembeli dan penjual.

Bicara tentang properti crowdfunding, ini merupakan metode investasi properti di mana kamu tidak perlu membeli properti secara utuh melainkan patungan. Istilahnya seperti pemegang saham.

Seperti apa cara kerjanya?

Misalnya nih, kamu ingin membeli properti seharga satu miliar. Di sini kamu cukup menyiapkan uang senilai sepuluh juta dan kamu sudah memiliki persentase dari kepemilikan properti tersebut sebagai sumber passive income. Jadi, minimal transaksinya itu sebesar satu persen dari harga sebuah properti.

Keuntungannya didapat dari mana? Ya dari hasil sewa properti. Di property crowdfunding, kamu nggak perlu repot mikir soal perizinan, bayar ini itu dan lainnya. Karena semua diurus oleh perusahaan yang bertindak menjadi fasilitator.

Gabung menjadi bagian property crowdfunding dan perantara hanyalah salah dua cara untuk menjadikan bisnis ini sebagai sumber passive income. Tapi, kalau kamu memiliki dana yang cukup bisa banget lho membeli rumah dan tanah yang sesuai bujet, atau bisa mengajukan KPR.

Nah, bagi kamu yang ingin memulai bisnis properti sebagai sumber passive income, ada baiknya mempertimbangkan faktor-faktor di bawah ini.

alternatif investasi saat bunga deposito turun

Faktor yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Properti

Kebutuhan kamu apa?

Kamu harus menentukan kebutuhan serta tujuan membeli properti, ini adalah langkah awal yang mesti dilakukan. Membeli sebuah properti tidaklah semudah membeli produk lainnya. Ada hal-hal yang mesti dipertimbangkan sebelum membuat keputusan.

Kamu harus menentukan alasan utama dalam memilih jenis properti. Misalnya, kamu memilih apartemen untuk bisa disewakan dan mendapatkan sumber passive income. 

Sesuaikan bujet

Karena harganya yang tidak murah, makanya kamu harus menyiapkan dana dengan matang. Pastikan tabungan kamu mencukupi dan lebih bagus lagi jika dananya melebihi harga dari properti yang kamu inginkan.

Ini bisa menyelamatkan kamu dari kondisi yang tak terduga seperti mesti renovasi rumah dan lain sebagainya. 

Nah, apabila kamu membeli properti dengan cara cicilan, pastikan pendapatan kamu setiap bulan melebihi cicilan.

Lokasi

Lokasi merupakan faktor yang penting dalam menentukan properti apa yang mau diambil sebagai investasi. Pastikan properti yang ingin kamu beli dekat dengan berbagai tempat penting seperti pusat perbelanjaan atau rumah sakit. 

Membeli properti dengan lokasi yang strategis, kamu bisa mendapatkan keuntungan di dalamnya. Jadi pertimbangkan faktor lokasi ini ya.

Fasilitas

Jangan sepelekan fasilitas dan developer karena ternyata ini memengaruhi juga nilai investasi.

Langkah awal yang mesti kamu lakukan adalah riset keunggulan fasilitas yang ditawarkan serta cari tahu rekam jejak dari developer yang akan mengembangkan properti kamu. Developer yang memiliki reputasi bagus secara langsung akan memengaruhi nilai properti yang kamu pilih.

Sebagai Sumber Passive Income, Jenis Properti Apa yang Berprospek Cerah di Tahun 2021 - 2022?

5 Jenis Properti yang Cocok Dijadikan Sumber Passive Income

Kontrakan

Rumah adalah kebutuhan pokok, jadi kamu nggak perlu khawatir akan sedikitnya peminat. Rumah kontrakan sangat dibutuhkan oleh keluarga yang secara finansial belum mampu membeli rumah atau mesti tinggal sementara waktu di kota tersebut.

Rumah yang dijadikan kontrakan sbagai sumber passive income haruslah dirawat dan dijaga dengan baik agar yang mau mengontrak tertarik. Karena kalau rumah yang sudah lumutan, tidak terurus, orang pun enggan mau tinggal.

Prinsip investasi rumah kontrakan ini kurang lebih sama dengan investasi emak karena semakin lama harga rumah akan naik.

Kos-kosan

Nah ini adalah bisnis properti yang menarik minat banyak orang karena keuntungan yang ditawarkan lumayan besar. Memiliki bisnis indekos atau kos-kosan, kamu akan mendapatkan sumber passive income setiap bulannya kurang lebih 5-7%.

Yang perlu kamu lakukan untuk memulai bisnis properti ini adalah mencari letak yang strategis dan sesuaikan dengan kebutuhan penyewa. Misalnya nih, kamu mau bisnis kos untuk mahasiswa, berarti kamu mesti mencari rumah yang dekat dengan area kampus.

Pertimbangkan juga kebutuhan calon penyewa seperti lokasi, harga dan juga fasilitas yang ditawarkan. Kamu bisa juga menambahkan usaha dengan membuka warung kecil-kecilan atau laundry di kos-kosan tersebut.

Apartemen

Mahalnya harga rumah tapak dan terbatasnya lahan di kota-kota besar, membuat apartemen sebagai solusi untuk tempat tinggal. Dan ini pun termasuk ke dalam jenis properti yang menguntungkan sebagai sumber passive income. 

Apartemen biasanya akan dipilih oleh kaum milenial karena harganya relatif lebih murah dari rumah dan di apartemen bisanya menyediakan banyak fasilitas seperti tempat gym, playground, kolam renang bahkan ada mini market.

So, berinvestasi di apartemen termasuk pilihan yang cocok. Sama halnya dengan jenis properti lainnya, kamu mesti pintar cari lokasi yang strategis, pengembang yang punya track record bagus dan fasilitas lengkap. Jadi, saat kamu mau menyewakan harian, mingguan, bulanan, atau tahunan tidak akan sepi peminat.

Tanah

Ini merupakan investasi favorit semua lapisan masyarakat sejak zaman dulu. Bahkan orang tua dulu suka ‘mengoleksi’ tanah! Karena mereka percaya harga tanah ini akan selalu naik ke depannya.

Ini tidak salah, jenis investasi properti ini sangat diminati karena perbandingan kenaikan harganya jauh dibandingkan nilai inflasi. Harga tanah memelesat bak roket di kota-kota besar.

Jika kamu memiliki dana tak ada salahnya berinvestasi di tanah. Cari lokasi yang strategis atau memiliki potensi besar untuk menjadi hunian di masa mendatang. Selain harga tanah yang selalu naik, tanah bisa juga lho disewakan ke orang yang membutuhkan lahan sebagai usaha.

Ruko

Harga ruko setiap tahunnya naik. Dan ruko ini bisa digunakan sebagai kantor, usaha maupun tempat tinggal. Walau di masa pandemi ini harga ruko agak mengalami penurunan, kamu bisa mencari alternatif dengan menjadikan ruko sebagai indekos. Atau disewakan per lantai saja.

Dalam memilih ruko, lokasi tetap menjadi hal utama yang harus dipertimbangkan karena jika kamu membeli ruko di wilayah ‘sunyi’ maka akan sulit mendapatkan penyewa.

Bisnis properti ini akan selalu menjadi pilihan instrumen investasi banyak orang. Harganya yang cenderung naik, membuat banyak orang ingin memiliki properti sebagai passive income. Yang kamu butuhkan sekarang lakukan perencanaan keuangan yang baik agar memiliki bujet untuk membelinya. Atau kamu bisa mempertimbangkan opsi di atas yakni property crowdfunding dalam membeli properti.

One Response

  1. Stusweb 2021 July 8, 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.