Kebebasan Finansial

Usia Berapa Kita Bisa Bebas Finansial?

Bebas finansial adalah tujuan keuangan yang didambakan oleh semua orang. Kebayang nggak di satu waktu nanti, kamu sudah memasuki tahapan bebas finansial? Rasanya beban-beban di pundak ini luruh entah ke mana ya.

Sebenarnya udah ngerti nggak apa sih bebas finansial itu? Apakah udah nggak ada cicilan? Punya tabungan? Kaya raya seperti sultan Andara? Punya BMW seri terbaru di garasi?

Tenang, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab di artikel ini.

Jadi, bebas finansial adalah fase di mana kamu nggak perlu khawatir lagi dengan masalah keuangan. Ringkasnya tanpa perlu bekerja, kamu masih bisa memiliki penghasilan.

Kamu mesti paham konsep dasar dulu dari bebas finansial yakni nggak mesti menjadi orang kaya, punya banyak uang di tabungan dan bebas dari utang. Walau status kamu belum sampai level sultan, kamu bisa kok bebas secara finansial.

Biar kamu lega, menurut para ahli keuangan nih, mengejar fase bebas finansial itu lebih penting daripada menjadi orang kaya.

Tapi, orang kaya itu kan banyak uang? Iya, yang pasti mereka memiliki aset. Namun, kita nggak pernah tahu kalau mereka punya cicilan bukan?

Nah, kamu bisa mencapai fase bebas finansial saat sudah memiliki pendapatan pasif.

Apa itu pendapatan pasif? Pendapatan yang kamu peroleh di luar pekerjaan utama dan bisa digunakan untuk membiayai kehidupan sehari-hari juga berinvestasi.

7 Tanda Kamu Sudah Memasuki Fase Bebas Finansial

5 Alternatif Sumber Dana Pensiun

Memiliki pendapatan pasif (passive income)

Ini tanda pertama yang menunjukkan kamu akan memasuki tahapan bebas finansial. Memiliki pendapatan pasif penting banget. Karena kamu bisa mencapai tujuan keuangan dengan adanya komponen ini.

Pendapatan pasif bisa diperoleh dari investasi (saham, reksa dana, deposito dan lain-lain), memiliki bisnis, ngeblog, jadi youtuber, menjual karya dan masih banyak yang lainnya.

Ketika return dari pendapatan pasif sudah bisa stabil per bulannya, ini menunjukkan kamu sudah selangkah maju menuju bebas finansial.

Punya dana darurat

Banyak yang menyepelekan dana darurat ini. Padahal dana ini sangat membantu kamu ketika berada dalam kondisi darurat. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya, seperti sakit dan pandemi ini. Memiliki dana darurat membantu keuangan kamu agar bisa bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bebas utang konsumtif

Utang itu terbagi dua yakni utang konsumtif dan produktif. Utang konsumtif ini berupa pembelian akan barang-barang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Seperti pakai kartu kredit untuk nongkrong atau beli barang yang lagi hype. Sayangnya barang-barang tersebut tidak termasuk dalam skala prioritas.

Saat kamu terbebas dari utang konsumtif, di sinilah kamu merdeka dan tidak tergantung pada pihak lain.

Step By Step Menuju Financial Freedom Ala Dave Ramsey

Bisa menahan perilaku konsumtif

Adalah hal yang wajar ya ketika terima gaji atau mendapat uang hasil usaha kita pengin membeli barang ini itu. Tapi, kalau itu sering dilakukan ya kantong bisa ‘bolong’ dong.

Berusahalah untuk menekan perilaku konsumtif. Pilah keinginan dan kebutuhan. Kalau kamu tidak bisa mengontrol maka akan susah mencapai bebas finansial.

Investasi adalah keharusan

Sekarang ini semua serba dimudahkan termasuk investasi. Kalau dulu, agak sulit mendapatkan literasi keuangan, sekarang sudah tidak lagi. Media sosial menjadi salah satu jembatan yang membantu banyak orang untuk melek literasi keuangan.

Tanda kamu sudah memasuki tahapan bebas finansial adalah dengan memiliki investasi. Perbanyak pengetahuan tentang investasi agar bisa melakukan diversifikasi.

Memiliki cukup uang untuk pensiun

Bebas finansial adalah tentang membuat pekerjaan sebagai opsi bukan pilihan utama. Simpan sejumlah dana pensiun sebagai bekal bagi kamu jika ingin pensiun. Kalkulasi berapa banyak kebutuhan kamu setelah masa pensiun nanti.

Kebebasan waktu

Apa sih yang ingin dicapai saat bebas finansial? Salah satunya kamu memiliki waktu yang fleksibel untuk melakukan pekerjaan dan juga hal yang disukai.

Kebebasan waktu dan bebas finansial ini berbanding lurus. Di mana di satu titik kamu tidak terlalu ngoyo bekerja, kamu memiliki waktu yang lebih untuk dihabiskan bersama keluarga, tidak perlu repot izin kantor untuk mengantarkan si kecil mencabut gigi ke dokter.

Lalu di usia berapa sih kita bisa bebas finansial?

Usia Bebas Finansial

Usia Berapa Kita Bisa Bebas Finansial?

Jawaban akan pertanyaan usia berapa kita bisa meraih kebebasan finansial ini agak sedikit sulit. Karena tiap orang financial goalsnya beda-beda, termasuk kapan tepatnya bebas finansial.

Mengapa?

  • Karena tiap orang memiliki tujuan keuangan yang tidak sama
  • Pendapatan yang berbeda
  • Kebutuhan yang berbeda
  • Pemahaman akan keuangan pun berbeda-beda

Faktor-faktor inilah yang membuat usia bebas finansial tiap orang berbeda.

Tapi, satu hal yang pasti: kamu bisa memulai menyusun rencana bebas finansial sedini mungkin! Usia 20 tahun bisa? Why not.

Usia 20 – 40 tahun adalah usia produktif. Manfaatkan rentang usia ini untuk bekerja semaksimal mungkin tapi tetap perhatikan kesehatan ya, untuk bisa menyusun tujuan keuangan dan kapan kebebasan finansial mau didapatkan.

Bagi kamu yang mau memulai perencanaan bebas finansial bisa mengikuti tips di bawah ini.

Tip Perencanaan Bebas Finansial

5 Alasan Kuat untuk Pensiun Dini, Tapi Mengapa Orang Salah Mempersiapkannya

Rencanakan finansial goals

Coba tanyakan ke diri sendiri, apa sih bebas finansial bagi kamu?

Jika ingin memasukkannya ke tujuan keuangan, maka yang perlu dilakukan buatlah lebih spesifik! Tuliskan berapa banyak uang yang harus ada di tabungan, gaya hidup seperti apa dan di usia berapa bisa bebas finansial. Semakin spesifik goals kamu, maka semakin tinggi kemungkinan untuk lekas tercapai.

Susun bujet

Susun bujet per bulan dan disiplin mematuhi pengeluaran yang sudah disusun. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan semua cicilan lunas terbayar dan tabungan juga investasi sesuai track. Ini juga bisa membantu kamu menekan keinginan untuk berfoya-foya tiap bulan.

Manfaatkan autodebit

Saat menerima gaji, selain membayar kewajiban seperti cicilan, iuran ini-itu, sebaiknya kamu menyisihkan di awal dana untuk investasi, tabungan, dana darurat dan pensiun. Karena jika kamu menunda, takutnya uang tersebut akan terpakai ke hal lain.

Kamu bisa memanfaatkan fasilitas autodebit di layanan perbankan. Sekarang ini berbagai platform investasi seperti reksa dana sudah bisa autodebit tiap bulannya.

Usia Berapa Kita Bisa Bebas Finansial?

Jangan tunda untuk berinvestasi

Adakah alasan untuk menunda investasi? Well, sekarang ini investasi tidak mesti dengan nominal besar. Seperti reksa dana contohnya, kamu bisa memulai dari nominal puluhan ribu atau mengembangkan dana di fintech pendanaan bisa dengan uang seratus ribu rupiah.

Niat udah, tinggal eksekusi! Seperti yang di poin tiga, manfaatkan auto debet saat kamu menerima gaji. Ini bisa membuat kamu aman untuk berinvestasi.

Jangan berhenti belajar

Eits tidak meminta kamu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, tapi perbarui ilmu kamu dengan banyak membaca dan mengikuti kelas keuangan. Sekarang ini literasi keuangan sudah jor-joran dilakukan di berbagai platform, tinggal kamu saja mau milih channel yang mana.

Hiduplah sewajarnya

Media sosial ini kadang seperti mimpi buruk, lifestyle atau tingkat kesejahteraan orang ‘diukur’ dari apa yang dishare di media sosial. Dan ini membuat satu ‘penyakit’ gaya hidup yang mengerikan. Banyak yang rela berutang hanya untuk bisa traveling, nongkrong. Sedih banget.

Well, hiduplah sewajarnya sesuai kantong. Jangan memaksakan, tidak baik untuk kesehatan.

Jaga kesehatan

Bagaimana mau mencapai bebas finansial kalau kamu dalam kondisi tidak baik?

Saat di usia produktif bekerja bagai quda sih tak masalah, tapi harus perhatikan kesehatan. Jangan abaikan alarm tubuh. Jaga pola makan, istirahat yang cukup dan lakukan hal-hal kecil yang bikin kamu bahagia seperti membaca buku atau menonton drama Korea misalnya.

Semoga penjelasan di atas bisa memberi pemahaman ya bagi kamu tentang bebas finansial. Jadi, jika ditanya kapan usia bebas finansial? Bebas kok. Asalkan kamu sudah memenuhi tujuh tanda di atas.

Ada yang sudah memulai salah satu tip bebas finansial? Share dong pengalamannya di kolom komen.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.